Berita Bekasi Nomor Satu
Tokoh  

Profile Pele, Legenda Sepak Bola Brasil dan Sederet Prestasinya

Legenda sepak bola Brasil, Pele.

RADARBEKASI.ID – Setelah menjalani perawatan cukup lama, legenda sepak bola Brasil, Pele, meninggal dunia di Rumah Sakit Albert Einstein, Sao Paulo, Jumat (30/12/2022) dini hari WIB.

Pele beberapa bulan terakhir menjalani kemoterapi untuk tindak lanjut setelah operasi pengangkatan tumor ususnya pada September 2021.

Tokoh kelahiran Minas Gerais itu kerap dilabeli sebagai salah satu pemain sepak bola terbaik sepanjang sejarah.

RS Albert Einstein menyatakan Pele meninggal dunia pada pukul 15.27 waktu setempat. Pele meninggal dunia dalam usia 82 tahun.

Penyebabnya adalah kegagalan sejumlah organ akibat perkembangan kanker usus besar dan beberapa kondisi medis sebelumnya,” demikian pernyataan pihak RS.

Kabar meninggalnya pria bernama asli Edson Arantes do Nascimento itu juga dikonfirmasi melalui berbagai akun media sosial yang dikelola agennya.

BACA JUGA: Legenda Sepak Bola Brasil Pele Meninggal Dunia, Ini Penyakitnya

“Inspirasi dan cinta kasih menandai perjalanan King Pele yang meninggal dunia dalam damai hari ini,” tulis akun Instragram resmi Pele, @pele.

Pele, selama ini dikenal sebagai legenda sepak bola Brasil yang sudah banyak mengukir prestasi. Bahkan, hingga kini belum ada pemain sepak bola yang mampu melampaui capaiannya.

Pele adalah salah satu atlet sepak bola terbaik sepanjang masa.

BACA JUGA: IOC: Pele Mangkat, Dunia Kehilangan Ikon Olahraga

Dilansir dari Olympics, Pele memiliki nama asli Edson Arantes do Nascimento. Namanya itu terinspirasi dari penemu lampu, Thomas Edison.

Pele memulai kariernya bersama klub asal Brasil, Santos. Pele menghabiskan 18 tahun awal karier profesionalnya di Santos. Di sana, dia melakoni debut dalam usia 15 tahun dan membukukan 618 gol dari 636 penampilan.

Masa kecil
Pele dikenal sebagai pesepakbola serba bisa yang lahir dengan bakat khusus. Pele telah berlatih sepakbola sejak masih kecil.

Saat itu, Pele bergabung dengan skuad muda yang dilatih oleh Waldemar de Brito, mantan anggota tim sepak bola nasional Brasil. Di usia

ke 15 tahun, Pele mulai mengikuti klub sepak bola Santos. Setahun setelahnya, Pele terpilih sebagai pemain Timnas Brasil.

Debut Pele

Pele mengawali debutnya di usia yang terbilang muda, 16 tahun. Di usia mudanya, Pele tampil memukau saat menghadapi Argentina dalam kekalahan 1-2 di Maracana.

Dia bahkan menjadi pemain termuda yang berhasil mencetak gol pada laga tersebut.

Juara Dunia Termuda

Pada 1956, Pele mulai bermain untuk Santos yang berbasis di Brasil.

Dalam ajang Piala Dunia 1958 di Swedia, Pele berhasil menjadi juara dunia termuda di usianya yang baru menginjak 17 tahun.

Dia bahkan ikut mencetak gol di babak final. Tak cukup sampai di situ, Pele juga memenangkan Piala Dunia pada 1962 dan menjadi juaradunia klub dua kali bersama Santos.

Dia berhasil mencetak rekor dengan catatan 77 gol. Hingga 1970, Pele menjadi pemain pertama dan satu-satunya yang mampu memenangkan tiga gelar Piala Dunia.

Karier Klub Pele
Setelah bergabung dengan Santos, Pele menjadi pencetak gol terbanyak dalam sejarah klub Brasil tersebut. Dia lantas menjadi bintang dan menerima sejumlah tawaran dari klub-klub Eropa.

Tetapi Presiden Brasil saat itu, Jânio Quadros, menyatakan bahwa Pele merupakan harta nasional sehingga sulit baginya untuk melakukan perdagangan di negara lain.

Pada 1975, Pele menyetujui kontrak senilai 7 juta dolar Amerika dengan New York Cosmos selama satu tahun. Dia akhirnya memutuskan untuk pensiun pada 1977.

Sebelum benar-benar pensiun, Pele masih terlibat dalam dunia olahraga, bekerja sebagai pandit di televisi, hingga menjabat sebagai menteri olahraga Brasil periode 1995-1998. Selamat jalan Pele..(*)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin