Berita Bekasi Nomor Satu

Paus Benedictus XVI Wafat di Usia 95 Tahun

RADARBEKASI.ID, JAKARTA – Berita duka datang dari Vatikan. Paus Benediktus XVI dikabarkan telah meninggal dunia di kediamannya di Vatikan.

Paus Benediktus XVI wafat dalam usia 95 tahun, hampir satu dekade setelah dia mengundurkan diri karena sakit.

”Dengan kesedihan, saya memberi tahu Anda bahwa Paus Emeritus, Benediktus XVI, meninggal dunia hari ini (31/12) pukul 09.34 di Biara Mater Ecclesiae di Vatikan. Informasi lebih lanjut akan diberikan sesegera mungkin,” kata pihak Vatikan dalam sebuah pernyataan.

Dikutip via BBC, pihak Vatikan mengatakan, jenazah Paus Emeritus akan ditempatkan di Basilika Santo Petrus mulai 2 Januari. Masyarakat akan diizinkan untuk mengunjungi jenazah Paus Emeritus dalam sesi khusus sapaan umat.

Paus Benediktus diakui sebagai salah satu teolog besar abad ke-20. Paus Benediktus memimpin Gereja Katolik selama kurang dari delapan tahun. Hingga pada 2013, dia menjadi Paus pertama yang mengundurkan diri sejak Gregorius XII pada 1415. Benediktus menghabiskan tahun-tahun terakhirnya di biara Mater Ecclesiae di dalam tembok Vatikan.

Penggantinya, Paus Fransiskus mengatakan, sering mengunjunginya di sana. ”Saya ingat dengan kasih sayang khusus Kunjungan Kepausan yang luar biasa ke tanah-tanah ini pada 2010. Kami melihat kesopanannya, kelembutannya, kepekaan pikirannya, dan keterbukaan sambutannya kepada semua orang yang dia temui,” terang Paus Fransiskus melalui sebuah pernyataan.

Paus Emeritus Benediktus dikabarkan telah sakit cukup lama. Namun demikian, otoritas Vatikan mengatakan kondisinya semakin memburuk karena usia lanjut.

Pada Rabu (28/12/2022), Paus Fransiskus mengimbau audiensi terakhirnya tahun ini di Vatikan untuk melakukan doa khusus bagi Paus Emeritus Benediktus, yang sedang sakit.

Pria kelahiran Jerman itu memiliki nama lahir Joseph Ratzinger. Benediktus berusia 78 tahun ketika pada 2005 menjadi salah satu paus tertua yang pernah terpilih. (jpc)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin