KAI Refund 100 Persen Tiket Pembatalan Perjalanan Terkendala Banjir

RADARBEKASI.ID, JAKARTA – Cuaca ekstrem mengakibatkan banjir di Stasiun Tawang Semarang membuat PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyampaikan permohonan maaf.

KAI juga memberikan kompensasi berupa pengembalian tiket hingga 100 persen di luar bea pesan dengan masa pembatalan maksimal 7 hari sejak jadwal keberangkatan KA.


Khusus untuk pelanggan yang akan naik KA dari Stasiun Semarang Tawang dan Stasiun Semarang Poncol, namun terhambat perjalanannya akibat banjir, juga berhak mendapatkan pengembalian tiket 100 persen.

Gangguan perjalanan kereta api yang terjadi sejak 31 Desember 2022 hingga pagi ini, Minggu (1/1/2023). Hal ini terjadi akibat banjir yang menggenangi beberapa titik jalur kereta api dan aktivitas di Stasiun Tawang Semarang.


“KAI menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya atas gangguan perjalanan kereta api yang diakibatkan oleh bencana alam ini,” kata VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangan resmi, Minggu (1/1/2023).

Ia menambahkan, KAI bersama seluruh stakeholder terus berupaya sebaik mungkin untuk dapat segera menormalkan jalur KA dan operasional kereta api.

Dalam hal ini, KAI berkomitmen untuk senantiasa mengutamakan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan perjalanan kereta api.

“KAI terus berupaya untuk mengurangi kelambatan yang terjadi sehingga perjalanan kereta api dapat kembali normal,” tambahnya.

Menurutnya, sampai dengan saat ini, sejumlah perjalanan KA masih mengalami keterlambatan akibat banjir tersebut. Meski demikian, KAI telah memberikan service recovery bagi pelanggan yang terdampak sesuai aturan yang berlaku. (jpc)