Melestarikan Pencak Silat

Endri Suganda

RADARBEKASI.ID,BEKASIPencak Silat menjadi bela diri yang banyak digandrungi oleh generasi muda. Salah satunya Endri Suganda, siswa SMK Teknikom Cikarang.

Remaja berusia 18 tahun ini aktif Pencak Silat saat masih duduk di bangku SD. “Aku aktif Pencak Silat sejak masih SD sampai sekarang,” ungkapnya.


Bagi Endri-sapaan akrabnya- laki-laki harus memiliki kemampuan bela diri. Hal itu yang menjadi salah satu alasan Endri menggeluti Pencak Silat.

“Aku juga ingin melestarikan budaya Indonesia,” ungkapnya.


BACA JUGA: Mulai Tekuni Pencak Silat

Saat ini Endri berlatih di Perguruan Pencak Silat Nasional (PPSN) Maung Lugay. Latihan Pencak Silat dijalani setiap hari bersama teman-temannya.

“Aku hampir setiap hari berlatih, karena semakin banyak berlatih maka semakin kuat juga kemampuan bela diri ini,” ucapnya.

Ia mengaku kerap merasakan lelah dan mengalami cidera saat latihan maupun bertanding. Namun demikian, hal itu tak menyurutkan semangatnya untuk terus berlatih.

“Justru hal-hal yang seperti itu yang membuat aku lebih tertantang lagi untuk jadi yang lebih baik,” katanya.

Berkat semangat dan kerja kerasnya, Endri mampu meraih sejumlah prestasi. Antara lain juara 1 Porda 2021, juara 1 Kejuaraan Unsika Karawang Championship 2022, dan juara 1 Porprov Jabar 2022.

“Aku selalu bersyukur dengan apa yang sudah aku peroleh, tapi itu semua juga tidak membuat aku merasa puas diri karena masih banyak waktu dan kesempatan untuk aku meraih lebih banyak prestasi,” ucapnya. (dew)