Harga Minyak Mentah Dunia Turun, BBM Non Subsidi Turun, Pertalite dan Solar Tetap

SPBU Pertamina di Kota Bekasi. Harga BBM non Subsidi turun lantaran harga minyak mentah dunia turun. Sedangkan harga Pertalite dan Solar tetap.

RADARBEKASI.ID, JAKARTA – Harga sejumlah bahan bakar minyak (BBM) non subsidi, seperti Pertamax, Pertamax Turbo dan Dexlite, resmi turun mulai Selasa (3/1/2023) hari ini.

Penurunan harga BBM non subsidi tersebut menyesuaikan tren harga pasar dan harga minyak mentah dunia yang juga melandai.


Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menegaskan komitmen pemerintah akan tetap memberikan subsidi bagi masyarakat untuk jenis BBM khusus penugasan (JBKP) Pertalite dan jenis BBM tertentu (JBT) Solar subsidi.

Adapun per 3 Januari 2023, harga Pertalite tetap sebesar Rp 10.000 per liter dan Solar subsidi sebesar Rp 6.800 per liter.


“Ini tentu berbeda dengan BBM nonsubsidi yang mengikuti tren harga pasar dan harga minyak mentah dunia. Untuk Pertalite dan Solar subsidi, pemerintah tetap berkomitmen untuk memberikan subsidi sehingga harganya tidak berubah,” ujar Erick saat melakukan peninjauan di SPBU Pertamina 31.128.02 Jalan MT Haryono, Jakarta, Selasa (3/1/2023).

Meski tak berubah, Erick menyebut harga Pertalite dan Solar subsidi sejatinya masih berada di bawah harga keekonomian.

Erick mengatakan pengumuman harga jual terbaru Pertamina memang sedikit lebih lambat dibandingkan badan usaha lain.

Bagi Erick, ini hal yang wajar mengingat Pertamina sebagai BUMN mempertimbangkan berbagai aspek agar tetap dapat menjamin keberlangsungan penyediaan dan penyaluran BBM.

“Pertamina ini jangkauannya begitu luas karena harus menyalurkan BBM ke seluruh penjuru tanah air, termasuk BBM yang disubsidi seperti Pertalite dan Solar subsidi. Kita ingin memastikan agar pasokan dan distribusi tetap berjalan dengan lancar,” ucap Erick.

BACA JUGA: Dolar Menguat, Harga Minyak Mentah Dunia Turun, Ini Pemicunya

PT Pertamina (Persero) resmi menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM)) non subsidi jenis Pertamax dari Rp 13.900 per liter menjadi Rp 12.800 per liter mulai hari ini, Selasa (3/1)/2023.

Selain itu, penurunan harga juga berlaku untuk produk lain seperti Pertamax Turbo dan Dexlite.

Melansir laman resmi Pertamina, untuk harga Dexlite turun dari Rp 18.800 menjadi Rp 16.150 per liter. Sementara untuk harga Pertamax Turbo turun dari Rp 15.200 menjadi Rp 14.050 per liter.

Penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) Umum dalam rangka mengimplementasikan Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM No. 245.K/MG.01/MEM.M/2022 sebagai perubahan atas Kepmen No. 62 K/12/MEM/2020. (jpc)