Kiper Indonesia Ini Masih Nyeri Napas, Diragukan Tampil Lawan Vietnam di Semifinal Piala AFF 2022

Pesepak bola Timnas Indonesia Nadeo Argawinata. HARITSAH ALMUDATSIR/JAWA POS

RADARBEKASI.ID, JAKARTA – Kiper Indonesia Nadeo Argawinata masih nyeri napas. Dia diragukan dapat tampil di semifinal Piala AFF 2022 saat Indonesia melawan Vietnam nanti.

Nadeo tidak bisa bermain sampai pertandingan tuntas saat Indonesia mengalahkan Filipina 2-1 pada Senin (2/1/2023) malam di Rizal Memorial Stadium, Manila.


Dia digantikan Syahrul Trisna Fadillah pada menit ke-23 setelah mengalami benturan dengan pemain lawan.

Pascainsiden itu, tim medis PSSI langsung menangani cedera yang diderita Nadeo. Tapi, ternyata benturan yang dialami kiper Bali United itu cukup serius. Sampai kemarin, Nadeo masih merasa sakit saat bernapas.


”Yang pasti sih seluruh badan sudah oke. Nggak ada masalah. Cuma memang sangat memar di bagian tulang pinggul bagian kanan. Sekarang yang dirasakan buat napas masih sakit,” ujar mantan penjaga gawang Borneo FC Samarinda itu kemarin.

Penjaga gawang kelahiran Kediri, Jawa Timur, tersebut tidak bisa mengingat dengan jelas benturan yang dialaminya dalam pertandingan melawan Filipina. Yang dia ingat pinggulnya terasa sakit setelah ditubruk lawan.

”Saya tidak tahu apakah terkena sikut atau lutut pemain lawan. Yang saya rasakan adalah benturan,” terangnya.

Nadeo rencananya menjalani observasi lanjutan di Jakarta hari ini. Kiper 25 tahun itu berharap hasil observasi baik. Dia sangat berharap bisa bermain saat Indonesia bertemu Vietnam.

Kedua tim akan bertemu dalam pertandingan semifinal AFF Cup 2022. Dalam fase empat besar AFF Cup tersebut, Indonesia akan lebih dulu bermain home pada semifinal leg pertama.

BACA JUGA: Indonesia Lolos Semifinal AFF 2022, PSSI Siapkan Kuota Tiket di Stadion Utama Gelora Bung Karno

Pertandingan itu akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, pada Jumat (6/1). Lalu, semifinal leg kedua digelar pada 9 Januari.

”Semoga nanti pas dicek tidak terjadi apa-apa. Supaya saya bisa kembali latihan secepat mungkin. Kalau sekarang (hari ini, Red) masih memar. Jadi, kata dokter belum bisa dicek,” tegas kiper jebolan SSB Macan Putih tersebut.

Head of Medical Department PSSI Syarif Alwi Maruapey menambahkan, Nadeo hari ini akan menjalani pemeriksaan radiologi. Tindakan itu diambil untuk mengetahui seberapa parah cedera yang dialami mantan kiper timnas Indonesia U-19 tersebut.

Setelah pemeriksaan itu dilakukan, keputusan Nadeo apakah bisa dimainkan saat melawan Vietnam pada semifinal leg pertama baru bisa dibuat.

”Malam ini (kemarin) timnas tiba di Jakarta. Besok (hari ini) akan foto sekaligus melihat apakah ada kelainan di bagian tulang atau tidak. Mudah-mudahan tidak ada kelainan. Besok (hari ini) akan dilihat perkembangannya bagaimana. Kami akan memberikan yang maksimal untuk para pemain,” tegas Syarif.

Saat ini, sambung Syarif, Nadeo sudah diberi terapi dan minum obat. Menurut mantan dokter timnas Indonesia itu, dua treatment tersebut sudah membuat nyeri yang dirasakan Nadeo berkurang.

”Nadeo mengalami kram otot. Itu seperti sesak napas. Tapi, sekarang setelah diterapi dan diberi obat-obatan, nyerinya mulai berkurang,” terang Syarif. (jpc)