Cegah Genangan, Sisir Tali Air

Illustrasi : Sungai Cipamingkis di Cibarusah Kabupaten Bekasi, Kamis (27/10). ARIESANT/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Pemeliharaan tali air pada sejumlah titik jalan rawan genangan, tengah dilakukan Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Bekasi.

Plt Sub Koordinator Pemeliharaan Jalan pada DBMSDA Kota Bekasi, Ridwan Muarief, mengatakan, melalui Unit Reaksi Cepat (URC) pada bidang bina marga tengah melakukan pemeliharaan tali air di sejumlah titik rawan genangan.


“Di awal tahun ini kami sedang berjalan pemeliharaan tali air oleh tim URC” ujarnya kepada Radar Bekasi.

Lokasi yang jadi sasaran diantaranya Jalan Chairil Anwar, Jalan Kalimalang dan beberapa titik jalan lainnya yang memiliki potensi terjadinya genangan.


“Kami lakukan pada sejumlah titik jalan, mengingat tali air ini sering sekali tersumbat sampah ataupun lumpur yang mengakibatkan genangan air terjadi,” tuturnya.

Sementara tali air ini sendiri memiliki fungsi untuk mengalirkan air dari jalan kepada saluran pembuangan, sehingga pemeliharaan harus dilakukan saat ini.

“Mengingat curah hujan yang cukup tinggi, pemeliharaan tali air ini dilakukan agar genangan air tidak terjadi sehingga air bisa mengalir ke salurannya,” jelasnya.

Selain melakukan pemeliharaan pada sejumlah tali air di beberapa titik jalan, melalui bidang bina marga juga tengah fokus menyelesaikan permasalahan yang disampaikan masyarakat melalui media sosial.

“Kami juga fokus untuk memberikan cepat penanganan melalui tim URC, pada sejumlah keluhan masyarakat yang diterima melalui media sosial,” terangnya.

Salah satu permasalahan yang diterima saat ini mengenai lubang pada Jalan Flyover Cipendawa, terkait permasalahan tersebut pihaknya akan segera melakukan perbaikan.

“Beberapa permasalahan yang diterima kebanyakan pada kerusakan jalan, contohnya flyover Cipendawa itu salah satu permasalahan yang kami terima saat ini,” tuturnya.

Lebih lanjut, kini pihak DBMSDA Kota Bekasi juga tengah melakukan persiapan pada sejumlah kegiatan yang nantinya akan menjadi agenda pada tahun 2023.

“Kami tengah menyusun beberapa kegiatan yang akan dijalankan pada tahun 2023 ini,” pungkasnya. (dew)