Sosok Kombes Pol Gidion yang Dirindukan

DAMPINGI KAPOLDA: Kapolres Metro Bekasi, Kombes Pol Gidion Arif Setyawan, mendampingi Kapolda Metro Jaya, Irjen Mohammad Fadil Imran, saat berkunjung ke Polsek Muara Gembong, Polres Metro Bekasi, Kamis (10/11). IST/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Sosok Kombes Pol, Gidion Arif Setyawan, saat menjabat sebagai Kapolres Metro Bekasi, dikenal sebagai orang yang ramah dan kerap membuat suasana dengan candaan-candaan kepada orang-orang yang berada disekitarnya.

Kendati demikian, saat memimpin Polres Metro Bekasi, Gidion merupakan sosok yang sangat serius dan kerap menghasilkan berbagai trobosan dalam melakukan pengamanan di Kabupaten Bekasi.


“Kalau saya secara pribadi, sangat terkesan sekali dengan beliau (Pak Gidion), karena santun, ramah, dan sangat merakyat. Canda-candaannya itu ada saja, untuk menghidupkan suasana,” kata Penjabat (Pj) Bupati Bekasi, Dani Ramdan, saat menghadiri acara pisah sambut Kapolres Metro Bekasi, belum lama ini.

Tetap dari sisi lain, Dani menilai, Kombes Pol Gidion Arif Setyawan, dalam menjalankan tugasnya, sangat serius dan kerap menghasilkan trobosan-trobosan.


“Tangan dinginnya itu bisa menghasilkan berbagai trobosan, fasilitas-fasilitas baru di Polres, program-program yang inovatif. Jadi saya sih sangat apresiatif sama beliau,” terang Dani.

Saat ini, Kombes Pol Gidion Arif Setyawan menjabat sebagai Kapolres Jakarta Utara. Posisinya di Polres Metro Bekasi digantikan oleh Kombes Pol Benediktus Twedi Aditya Bennyahdi.

“Tentu saya sangat berharap, Pak Twedi bisa melanjutkan, bahkan meningkatkan kolaborasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi dengan Polres Metro Bekasi, dan tetap menjaga kondusifitas di Kabupaten Bekasi, karena tantangan ke depan akan cukup hangat menjelang tahun politik 2024,” beber Dani.

Hal senada disampaikan Komandan Kodim 0509 Kabupaten Bekasi, Letkol Inf M. Horison Ramadhan. Menurutnya, Kombes Pol Gidion Arif Setyawan merupakan sosok yang ke bapaan sekaligus mentor, karena banyak memberikan pembelajaran selama menjabat sebagai Kapolres Metro Bekasi. Untuk sinergitas dengan TNI sangat bagus, pagi, siang, dan malam, apabila ada kegiatan yang berkaitan dengan masyarakat pasti datang.

“Beliau (Gidion, Red) banyak memberi pelajaran yang berharga ke saya, mulai dari tingkat bawah sampai atas. Dan tidak membanding-bandingkan. Banyak inovatif, kreasi yang beliau lakukan di Kabupaten Bekasi,” ucap Horison.

Di tempat yang sama, Ketua Umum Papmiso, Bambang Haryanto, mempunyai kenangan yang sangat berkesan terhadap sosok Kombes Pol Gidion Arif Setyawan.

Pada awal-awal menjabat sebagai Kapolres Metro Bekasi, beliau cukup sigap merespon kelangkaan daging sapi di Kabupaten Bekasi. Dengan langsung turun ke lapangan, untuk mengecek dan memberi kepastian serta keamanan bagi para pedagang supaya tetap berjualan.

Kemudian pada keesokan harinya, beliau berkunjung ke warung-warung untuk memastikan bahwa tidak ada aksi mogok pedagang di Kabupaten Bekasi.

“Pak Gidion itu handal dan cepat, terus dekat dengan masyarakatl. Kami sangat berhutang budi kepada beliau, karena pada saat baru masuk jadi Kapores Metro Bekasi, sempat terjadi kelangkaan daging, dan para pedagang mogok berjualan selama lima hari. Saya sangat apresiasi bangat,” pungkas Bambang. (pra)