Kiprah Camat Tambun Selatan Junaefi, Cs-nya Wartawan, Responsif dalam Aduan

Camat Tambun Selatan Junaefi

RADARBEKASI.ID, BEKASI.ID, – Mudah dihubungi, mau mendengar keluhan dan menindaklanjuti beragam problematika di lapangan. Tiga sikap baik itu membalut Junaefi saat menjalani perannya sebagai abdi negara. Tak sedikit catatan positif berhasil ditoreh ASN berusia 45 tahun yang kini menjabat sebagai Camat Tambun Selatan ini.

Selama berkiprah sebagai pemangku wilayah, Junaefi mengaku tak alergi dengan wartawan. Birokrat kelahiran Gabus ini justru menempatkan wartawan sebagai rekan pekerjaan.


“Wartawan itu rekan kerja kita. Saya merasa dengan rekan-rekan wartawan ini pekerjaan saya sangat terbantu,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Rabu (18/1/2023).

Junaefi mengaku kerap mendapatkan ‘berkah’ dari perkawanannya dengan wartawan. Berkah yang dimaksud adalah ketika ia mendapati jalan buntu saat mengusulkan program. Salah satu contoh kasusnya, tutur Junaefi, ia sempat kelimpungan mengetahui macetnya usulan perbaikan jembatan Kali Jambe. Ia pun lantas meminta bantuan wartawan untuk mempublikasikan situasi faktual kepada masyarakat lewat sebuah pemberitaan komprehensif.


“Ketika saya masih jadi Sekcam sampai saya menjadi camatnya, jembatan itu belum terbangun. Dan Alhamdulilah, berkat publikasi teman-teman wartawan, akhirnya perbaikan jembatan pun bisa terealisasikan,” katanya.

KOORDINASI: Camat Tambun Selatan Junaefi (kiri) berbincang dengan Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan (dua kiri) saat memimpin penutupan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) liar di Tambun Selatan Kabupaten Bekasi, belum lama ini. ARIESANT/RADAR BEKASI

 

Realisasi perbaikan jembatan Kali Jambe disambut suka cita oleh masyarakat Tambun Selatan, khususnya di Mangun Jaya dan Satria Jaya Tambun Utara. Sebab sebelum diperbaiki, masyarakat di wilayah tersebut kerap menjadi langganan banjir.

“Dampaknya sekarang luar biasa. Kali Jambe saat hujan besar juga hanya genangan saja. Nggak seperti sebelumnya, karena nyangkut semua disitu. Itu dampak karena hubungan baik dengan teman-teman wartawan,” tuturnya.

Bukan hanya dengan wartawan, mantan Sekretaris Dinas Pariwisata Kab Bekasi ini juga tak alergi terhadap aduan masyarakat di media sosial. Ia bahkan mendapatkan sejumlah torehan baik dalam pengelolaan media sosial. Adapun berbagai raihan penghargaan yang berhasil diborong yaitu untuk Pengelolaan Sosial Media dan SP4N-LAPOR!  Kecamatan  Terbaik II dalam pengelolaan SP4N-LAPOR! pengelolaan Sosial Media Terbaik I kategori Kecamatan.

“Performa media Sosial kami pun baik. Alhamdulilah kami juara dua di tingkat provinsi Jabar. Sedangkan menjadi yang terbaik Kabupaten Bekasi peringkat pertama,” katanya.

Interaksi Junaefi dengan masyarakatnya pun patut jadi contoh bagi pejabat lainnya. Ia tak mempersoalkan nomor teleponnya tersebar luas. Ia pun dengan senang hati menerima komplain langsung sejumlah persoalan yang masyarakat adukan via nomor teleponnya tersebut. Bahkan tak jarang serangkaian pesan langsung menjejali kotak masuk akun pribadi media sosial yang ia miliki.

“Pengaduan masyarakat biasanya dikirim melalui media sosial. Karena rata-rata masyarakat Tambun Selatan sudah melek teknologi. Bahkan adanya juga yang langsung by phone ke saya, karena banyak yang sudah tahu nomor saya. Karena memang enggak ada batasan,” tuturnya. (pra)

BIODATA 

JUNAEFI

Lahir : Bekasi, 11 November 1978

Perjalanan Karier:

Camat Tambun Selatan 2019 – sekarang

Camat Muaragembong 2017 – 2019

Sekretaris Dinas Pariwisata 2017

Camat Cikarang 2017

Sekretaris Tambun Selatan 2014 – 2017