Berita Bekasi Nomor Satu

Korban Tewas Gempa Turki Capai 19.362 Jiwa

Hingga kemarin, masih banyak korban di Kota Jindayris, Syria, yang belum berhasil dievakuasi. Jasad mereka tertimbun bangunan yang runtuh saat gempa. (AFP)

RADARBEKASI.ID, TURKI –  Tujuh puluh dua jam. Itu adalah waktu emas untuk menemukan korban gempa di Turki dan Syria dalam kondisi hidup. Waktu tersebut sudah terlewati.

Namun, ribuan korban masih tertimbun di balik reruntuhan. Kini hanya keajaiban yang bisa diharapkan oleh keluarga korban untuk bisa menemukan orang terkasih mereka dalam kondisi bernyawa.

Salah satu yang merasakan keajaiban tersebut adalah keluarga Igde di Pazarcik, Kahramanmaras. Tim penyelamat awalnya berhasil mengeluarkan bocah lelaki bernama Mehmet Naim Igde. Tak berselang lama, saudara lelakinya Melih Igde dan sang bunda Hatice Igde juga berhasil dikeluarkan hidup-hidup setelah terkubur selama 78 jam.

BACA JUGA: Dampak Gempa Turki Mengerikan, Begini Alasan Ilmiahnya

Namun, tidak semuanya seberuntung mereka. Korban jiwa bahkan diprediksi melebihi perkiraan WHO yang menyebut sekitar 20 ribu jiwa. Hingga kemarin (9/2) total korban jiwa mencapai 19.362 orang. Sebanyak 16.170 orang di antaranya berada di Turki. Selain itu, 64.194 orang di Turki dilaporkan luka dan 5.158 orang lainnya di Syria.

Para pakar memperkirakan, korban jiwa dan luka akan terus meroket dalam beberapa hari ke depan. Bukan hanya dari korban yang masih tertimbun, tapi juga mereka yang berhasil selamat.

’’Kami mendapati banyak orang yang selamat sekarang berada di tempat terbuka dalam kondisi yang memburuk dan mengerikan,’’ ujar Manajer Insiden Tanggap Gempa WHO Robert Holden. Padahal, saat ini sedang musim dingin dan di beberapa kota terdampak turun hujan salju. Penyintas yang berada di selter luar ruangan berjumlah ribuan orang. Holden berharap kondisi itu bisa segera diatasi.

BACA JUGA: Mantan Pemain Newcastel dan Chelsea Dilaporkan Hilang Usai Gempa Turki

Mereka yang tidak terluka parah memang harus pasrah berada di selter seadanya. Beberapa bahkan tidak mendapatkan air untuk sekadar minum. Sedangkan yang terluka dibawa ke rumah sakit di kota-kota yang tidak terdampak. Proses evakuasi korban ke rumah sakit menggunakan jalur darat dan udara.

Pesawat kepresidenan milik Presiden Recep Tayyip Erdogan disiagakan di lokasi untuk mengangkut korban maupun bantuan kemanusiaan. Rabu (8/2) lalu pesawat itu dipakai untuk mengangkut 16 bayi baru lahir yang sendirian di lokasi gempa di Kota Kahramanmaras, Turki. Dua di antaranya baru dikeluarkan dari reruntuhan gedung dan belum diidentifikasi siapa orang tuanya. Sedangkan 14 lainnya lebih dulu dirawat di rumah sakit di Kahramanmaras. Orang tua mereka juga tidak diketahui keberadaannya. Mereka dilarikan ke Etlik City Hospital, Ankara, dan kini kondisinya stabil.

Dari banyak video amatir yang beredar, banyak bayi dan anak-anak yang berhasil selamat meski berada di reruntuhan cukup lama. Padahal, kondisi fisik mereka tidak sekuat orang dewasa. Rabu lalu, bayi berusia 1 tahun berhasil diselamatkan di Sanliurfa setelah 53 jam terjebak di reruntuhan gedung lima lantai.

Di Kahramanmaras, gadis 14 tahun selamat setelah terjebak selama 40 jam. Ketika dia berhasil dikeluarkan, yang kali pertama keluar dari mulutnya adalah permintaan agar ayahnya juga ditolong. Posisi sang ayah dekat dengannya dan dia juga masih hidup. Ayahnya berhasil dikeluarkan beberapa jam kemudian, tapi dua anggota keluarga lainnya ditemukan tewas.

Di bagian lain kota tersebut, seorang anak lelaki berusia 13 tahun juga berhasil selamat setelah tertimbun selama 55 jam. Selama terjebak, bocah itu terus memegang burung peliharaannya. Mereka berdua berhasil dikeluarkan hidup-hidup.

Tim penyelamat saat ini memang berlomba dengan waktu. Setiap kali ada korban yang berhasil dikeluarkan dalam kondisi bernyawa memberi mereka harapan dan semangat untuk terus mencari tanda-tanda kehidupan di balik reruntuhan.

Masifnya jumlah korban membuat banyak pihak kesulitan untuk mencari kerabatnya. Entah itu yang dirawat di rumah sakit maupun yang tewas dan sudah berada di kantong jenazah. (jpc)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin