Berita Bekasi Nomor Satu

PKB Kabupaten Bekasi Gali Potensi Bacaleg

UJIAN: Pengurus DPC PKB saat melangsungkan UKK terhadap bacalegnya. ISTIMEWA

RADARBEKASI.ID, BEKASI – DPC PKB Kabupaten Bekasi melakukan Uji Kelayakan dan Kepatutan (UKK) kepada seluruh bakal calon anggota legislatif (bacaleg) yang sudah mendaftarkan diri, Senin (13/2/2023). Tahapan ini dilakukan agar pengurus mengetahui sejauh mana potensi yang dimiliki para caleg.

Ketua DPC PKB Kabupaten Bekasi Muhammad Rochadi mengatakan, sebelum menjalankan strategi pemenangan, pihaknya harus mengetahui  kekuatan timnya sendiri. Salah satunya dengan melihat potensi setiap bacaleg yang siap bertarung ini.

“UKK ini untuk melihat potensi-potensi di masing-masing bacaleg. Mulai dari kekuatan masa, jaringan, termasuk dari sisi finansial. Kita semakin memperjelas ukuran bacaleg-bacaleg,” ujarnya kepada Radar Bekasi usai melakukan UKK.

Kemarin merupakan hari pertama dalam melakukan UKK kepada seluruh bacaleg. Dari jadwal yang sudah disusun, UKK akan berlangsung selama tiga. Setiap harinya, UKK dilakukan kepada bacaleg di dua daerah pemilihan (dapil). Adi menjelaskan, bacaleg yang hadir dalam UKK ini sebelumnya sudah mendaftarkan diri secara daring.

“Bacaleg sudah mendaftar secara daring, kemudian hari ini diminta datang ke DPC untuk uji kelayakan dan kepatutan,” ucapnya.

BACA JUGA: Dilengserkan dari Ketua PKB, Gus Iik Gabung Partai NasDem

Nantinya, pria asal Boyolali ini menuturkan, hasil UKK akan diserahkan ke DPW maupun DPP partai, yang kemudian diterjemahkan oleh pimpinan untuk menentukan nomor urut pada saat Pemilihan Umum (Pemilu) Legislatif 2024. Dalam hal ini Adi menegaskan, pengurus di tingkat daerah hanya sebatas memberikan rekomendasi.

Setelah UKK ini selesai kata Adi, partainya akan menjalankan agenda atau kegiatan ngaji per Dapil. Dimana ngaji per Dapil ini sekaligus menyusun strategi di setiap dapilnya. Hal itu mengingat, dari hasil UKK sudah diketahui potensi masing-masing Bacaleg di setiap dapilnya. Dirinya mencontohkan, misalkan bacaleg A punya basis massa buruh, nanti akan petakan buruh itu irisannya apa, lalu siapa yang menjadi stakeholder buruh disitu.

“Jadi kita lebih memastikan bahwa dapil ini akan terisi kursinya, agar target kursi PKB pada Pileg 2024 bisa tercapai, yakni sebanyak sepuluh kursi,” ungkapnya. (pra)

 

 

 

 

 


Solverwp- WordPress Theme and Plugin