Berita Bekasi Nomor Satu

SDABMBK Berupaya Tingkatkan Kualitas Jalan

Illustrasi : Pengendara bermotor berusaha menghindari jalan rusak yang baru selesai diperbaiki akhir tahun 2022, di Jalan Inspeksi Kalimalang, Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi. ARIESANT/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Masyarakat berharap Kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi, agar meningkatkan kualitas jalan untuk kenyamanan saat berkendara. Khususnya bagi pengendara roda dua.

Pasalnya, jalan di Desa Hegarmukti, Kecamatan Cikarang Pusat, yang baru diperbaiki akhir tahun 2022, hanya hitungan bulan sudah rusak lagi.

“Kami harapkan kualitas jalan harus baik. Bisa dipantau untuk wilayah Desa Hegarmukti, Kecamatan Cikarang Pusat. Baru saja diperbaiki, namun sudah rusak kembali,” ucap warga Desa Hegarmukti, Solahuddin (41).

Menurut dia, kondisi jalan di Kabupaten Bekasi sebagai daerah industri terbesar se Asia Tenggara, tidak bisa dihindari banyaknya kendaraan bertonase besar. Bahkan, jalan yang dilalui kendaraan tersebut sudah diatur. Tapi pada realitanya tidak demikian.

“Sebaiknya untuk mengatasi hal ini, harus duduk bersama antara pemerintah dan pihak swasta. Jadikanlah tanggung jawab bersama, jangan kami masyarakat kecil yang terkena dampak. Baik polusi udara dan infrastruktur. Dengan banyaknya kendaraan yang melintas, seharusnya kualitas jalan dan ketebalannya juga perlu ditingkatkan, sehingga bisa tahan lama dan bermanfaat,” imbuh Solahuddin.

Sementara itu, Kepala Dinas Sumber Daya Air Bina Marga dan Bina Konstruksi (SDAB MBK) Kabupaten Bekasi, Hendri Lincoln menjelaskan, permasalahan jalan memang sudah menjadi perhatian pihaknya. Oleh sebab itu, untuk meningkatkan kualitas jalan, sebelum dilakukan pengerjaan fisik, terlebih dahulu melibatkan konsultan untuk perencanaan pembangunan lebih baik.

“Kami akan terus upayakan untuk pembangunan infrastruktur, khususnya jalan di Kabupaten Bekasi,lebih baik lagi. Memang saya secara pribadi mengakui, masalah infrastruktur banyak sekali aspirasi dari masyarakat. Oleh sebab itu, kami akan terus berjuang untuk dapat melakukan perbaikan jalan yang berkualitas, sehingga masyarakat nyaman,” ucapnya.

Lanjut Henri, untuk perencanaan dan penataan, pihaknya memikirkan kualitas jalan yang baik. Termasuk juga akan mengedepankan estetika daerah, sehingga enak dipandang dan menjadi kebanggan masyarakat Kabupaten Bekasi.

“Tahun ini kami akan memaksimalkan. Selain untuk kualitas jalan yang baik, estetika daerah juga menjadi perhatian. Salah satunya, di Jalan Inspeksi Kalimalang, pada tahun ini akan dibangun sebagai percontohan awal,” terang Henri. (and)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin