Berita Bekasi Nomor Satu

BNPB Beri Bantuan Dana Rp350 Juta untuk Penanganan Banjir

ILUSTRASI: Seorang ibu menggendong anaknya berusaha keluar dari banjir yang menggenangi perumahan Puri Nirwana Residence di Karangbahagia Kabupaten Bekasi, Rabu (1/3). BNPB memberikan bantuan berupa dana siap pakai senilai Rp350 juta untuk penanganan banjir di Kabupaten Bekasi. ARIESANT/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberikan bantuan berupa dana siap pakai Rp350 juta untuk penanganan banjir di wilayah Kabupaten Bekasi.

Bantuan secara simbolis diserahkan oleh Direktur Fasilitasi Penanganan Korban dan Pengungsi BNPB Yus Rizal kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi Dedy Supriyadi di wilayah terdampak banjir Perumahan Nirwana Residence Desa Sukakarya Kecamatan Karangbahagia Kabupaten Bekasi, Rabu (1/3).

Banjir di Kabupaten Bekasi terjadi sejak Jumat (24/2). Hingga hari keenam kemarin, banjir telah merendam 117 titik di 47 desa wilayah Kabupaten Bekasi.

Yus Rizal mengatakan, pihaknya memberikan bantuan berupa dana untuk kebutuhan operasional dan sembako sebagai bentuk kepedulian negara dalam penanganan banjir di Kabupaten Bekasi.

“Kami berikan dana untuk operasional penanganan sebesar Rp250 juta dan sembako senilai Rp100 juta dalam rangka kehadiran negara untuk penanganan banjir di Kabupaten Bekasi,” ungkapnya.

Berdasarkan hasil pemantauannya sejak Minggu kemarin, dirinya mengungkapkan banjir di Kabupaten Bekasi selalu terjadi setiap tahun. Ia menegaskan, akan selalu mendukung upaya penanganan banjir.

“Koordinasi kami cukup bagus ke Pemda, kami sudah koordinasi sejak Minggu kemarin dengan BPBD. Memang setelah dilihat, banjir di Kabupaten Bekasi ini hampir setiap tahun. Tapi kami akan selalu mendukung upaya penanganan dari pemda,” katanya.

Selain itu, dirinya juga meminta Pemerintah Kabupaten Bekasi untuk mengatur dan menyalurkan bantuan secara merata kepada korban banjir di Kabupaten Bekasi.

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten Bekasi yang lebih mengetahui wilayah-wilayah yang sangat membutuhkan bantuan.

“Jadi ini bantuan kami serahkan simbolis kepada Pemkab Bekasi, kami amanahkan sehingga pemda sendiri yang akan mengatur dan menyalurkannya. Karena situasi yang sebenarnya, pemda sendiri yang lebih tahu wilayah mana yang dinilai urgent dan berapa banyak yang harus diberikan,” imbuhnya.

Melihat curah hujan yang masih tinggi di wilayah Kabupaten Bekasi, Yus Rizal mengimbau agar masyarakat meningkatkan kewaspadaan.

“Memang beberapa hari belakangan ini, curah hujan sangat tinggi. Ketinggian banjir di setiap harinya masih naik turun jadi kami rasa ini perlu ada langkah antisipasi kedepannya dan untuk warga agar meningkatkan kewaspadaannya” katanya.

Terpisah, Dedy Supriyadi Kabupaten Bekasi, saat ini terdapat 18 kecamatan terdampak banjir. Beberapa titik masih tergenang air.

Diakui, pihaknya memiliki keterbatasan dalam menyalurkan bantuan kepada korban banjir. Dengan adanya bantuan ini, Sekda menyampaikan terima kasih dan akan segera mendistribusikannya.

“Kami nanti akan turun bersama Dinas Sosial dan BPBD dibantu camat dan lurah untuk mendistribusikan bantuan menuju titik pengiriman logistik,” tutupnya. (ris)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin