Berita Bekasi Nomor Satu

Tes Wawancara Bacaleg Partai NasDem Libatkan Akademisi  

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) yang mendaftar di DPD Partai Nasional Demokrat (NasDem) Kabupaten Bekasi bersiap menjalani tes interview atau wawancara sebelum ditetapkan sebagai Calon Anggota Legislatif (Caleg) pada Pemilu Umum Legislatif (Pileg) 2024. Tes bakal dilakukan dengan melibatkan akademisi.

Ketua Bapilu DPD Partai NasDem Kabupaten Bekasi Raden Joko Ranggono mengatakan, tahapan interview ini merupakan instruksi dari DPW Jawa Barat. Kaliber akademisi yang bakal menguji para calegnya nanti sekelas profesor dan doktor di bidang politik dari kampus kenamaan.

“Jadi bukan interview yang dilakukan oleh pimpinan wilayah, tapi tim independen yang akan melakukan pengukuran terhadap beberapa aspek kepada setiap Bacaleg,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Selasa (14/3/2023).

BACA JUGA: Partai NasDem Pertanyakan Kinerja Pemda

Hanya saja, pria yang akrab disapa Joko belum bisa memastikan waktu pelaksanaan interview kepada Bacaleg di Kabupaten Bekasi dilakukan. Walaupun sudah ada ketetapan untuk di kabupaten dan kota yang lain di Jawa Barat.

“Kita masih menunggu jadwal dari pimpinan wilayah, karena menyesuaikan sekejul dan lain-lain. Kemungkinan besar di bulan puasa atau setelah puasa,” ucapnya.

Dirinya memastikan, hasil interview tersebut menjadi salah satu referensi untuk penetapan nomor urut bagi setiap Caleg. Selain itu, interview ini juga untuk mengetahui kekuatan masing-masing Caleg yang akan bertarung, agar target yang dicanangkan bisa tercapai.

“Target kita minimal tujuh kursi,” katanya.

Hanya saja Joko mengaku, Bacaleg di partainya belum 100 persen. Pasalnta, keterwakilan perempuan 30 persen setiap Dapilnya belum terpenuhi. Sebenarnya, Bacaleg laki-laki setiap Dapilnya sudah terpenuhi 100 persen.

“Secara total Bacaleg sudah memenuhi, tapi karena persyaratan harus 30 persen keterwakilan perempuan, jadi kita anggap masih 90 persen. Sejauh ini kami masih terus kerja kepada para tokoh perempuan, untuk memenuhi semuanya,” tuturnya. (pra)

 

 

Solverwp- WordPress Theme and Plugin