Berita Bekasi Nomor Satu

Putin Pakai ‘Joki’ Kunjungi Wilayah Perang Ukraina Usai Terbit Surat Perintah Penangkapan?

Tiga foto Presiden Rusia Vladimir Putin yang memunculkan dugaan bahwa dia menggunakan tokoh yang mirip dengannya mengunjungi daerah perang. Foto: Daily Mail/e2W.

RADARBEKASI.ID, MARIUPOL – Presiden Rusia Vladimir Putin mengunjungi salah satu kota di Ukraina, Mariupol, pada 18 Maret lalu.

Kunjungan Putin ke kota yang kini diduduki pasukan Rusia itu hanya berselang sehari setelah Mahkamah Pidana Internasional (ICC) mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap tokoh yang ditetapkan sebagai penjahat perang tersebut.

Foto dan video kunjungan Putin di Mariupol pun viral di media sosial. Namun, hal itu bukan karena keberanian Putin mengunjungi daerah perang, melainkan munculnya kecurigaan bahwa penguasa Kremlin tersebut menggunakan lelaki lain berwajah mirip dengannya.

BACA JUGA: Jaksa ICC: Surat Perintah Penangkapan Putin Berlaku Seumur Hidup

Sebuah video yang beredar -dilengkapi narasi beraksara Rusia- membeber sejumlah perbedaan antara Putin asli dengan sosok yang cuma mirip alias KW.

“Siapakah yang mengunjungi Mariupol?” tulisan di video tersebut. Spekulasi pun muncul. Ada dugaan bahwa terdapat dua pria lain yang sangat mirip dengan Putin.

Walakin, perbedaan antara ‘Putin orisinal’ dengan ‘figur bajakan’ bisa dikenali melalui analisis atas foto yang beredar.

BACA JUGA: Medvedev: Tangkap Putin, Artinya Ajak Rusia Perang

Pada foto Putin bertarikh 21 Februari 2021 yang dijepret di Moscow, mantan intelijen Komitet Gosudarstvennoy Bezopasnosti (KGB) itu memiliki dagu yang tidak begitu berlemak.

Namun, dua foto lain menunjukkan hal berbeda. Foto tentang kunjungan Putin di Sevestapol, Krimea, pada 18 Maret 2023 memperlihatkan sosok mirip dengannya yang memiliki kantung dagu penuh lemak.

Foto lain tentang kunjungan tokoh berusia 70 tahun itu di Mariupol pada 19 Maret 2023 juga memperlihatkan hal serupa.

BACA JUGA: Xi Jinping Temui Putin, Warga Rusia Ramai-Ramai Ingin ke Tiongkok

Itulah yang membuat banyak pihak, termasuk pejabat Ukraina, bertanya-tanya. “Ada apa dengan dagumu, Putin?” ujar Anton Gerashchenko, penasihat menteri urusan dalam negeri Ukraina.

Perbedaan lain yang tampak pada foto-foto Putin ialah telinganya. Sejumlah foto memperlihatkan salah satu orang terkuat di dunia itu memiliki daun telinga yang terlihat berbeda-beda.

Putin yang berkunjung ke Mariupol juga terlihat makin sepuh. “Dia memiliki saat-saat ketika terlihat seperti nenek tanpa gigi,” ujar sumber di Rusia yang dikutip Daily Mail.

BACA JUGA: ICC Terbitkan Surat Perintah Penangkapan Putin, Begini Respons Kremlin

Oleh karena itu, dugaan soal Putin menggunakan figur palsu untuk muncul di kawasan konflik pun menguat.

Kanal General SVR di Telegram pun menyebut Putin tidak pernah mengunjungi Sevastopol ataupun Mariupol.

“Informasi dari sumber di Kremlin bahwa Vladimir Putin mengunjungi Krimea dan Mariupol itu tidak benar,” ujar kanal tersebut. (jpc)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin