Berita Bekasi Nomor Satu

Safari Ramadan Tanpa Bukber  

TANPA BUKBER: Sejumlah warga berbuka puasa bersama di Masjid Besar Al Mukarromah Cikarang Utara Kabupaten Bekasi. Pemerintah Kabupaten Bekasi tetap melaksanakan Safari Ramadan tanpa agenda buka puasa bersama. ARIESANT/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi tetap melaksanakan kegiatan Safari Ramadan. Namun kegiatan tersebut dilaksanakan tanpa ada buka puasa bersama (Bukber).

Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi Dedy Supriyadi mengatakan, pihaknya akan mengikuti arahan Presiden Jokowi untuk tidak melakukan kegiatan buka bersama di kalangan pejabat di ruang lingkup Pemkab Bekasi selama bulan suci Ramadan 1444 Hijriah.

“Tidak ada kegiatan bukber dengan pejabat-pejabat, kegiatan bukber diganti dengan kegiatan-kegiatan lain seperti menyambangi dan bersilaturahmi bersama para anak-anak yatim-piatu atau ke tempat panti jompo,” katanya, Senin (27/3/2023).

Ia menuturkan hal tersebut untuk menerapkan pola hidup sederhana bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan memberikan manfaat di bulan suci penuh berkah yakni di bulan Ramadan 1444 H.

“Kegiatan nanti contohnya, kita akan datangi langsung ke tempat-tempat anak yatim-piatu dan panti jompo ke yayasannya , sebagai bentuk wujud kepedulian, dan juga kesetiakawanan di bulan suci Ramadan 1444 H,” tuturnya.

Seperti diketahui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menerbitkan Surat Edaran Nomor: 100.4.4/1768/SJ tentang Penyelenggaraan Buka Puasa Bersama.

Surat tersebut merupakan tindak lanjut dari surat arahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi melarang bukber pejabat berkop Sekretaris Kabinet Republik Indonesia Nomor R 38/Seskab/DKK/03/2023 tertanggal 21 Maret 2023

BACA JUGA: Khatamkan 5.500 Kali Al-Quran Selama Ramadan  

Sejalan perintah Pemerintah Pusat, maka berkaitan hal tersebut, Dedy mengimbau kepada para ASN lingkungan Pemerintah Kabupaten Bekasi untuk mematuhi aturan yang telah dibuat dan dapat dijalankan dengan sebaik-baiknya.

“Karena ini bagian dari pada instruksi, tentu kita berharap dijalankan dengan sebaik-baiknya,” ujarnya.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Bekasi Beni Yulianto menuturkan, meskipun tidak ada kegiatan bukber Safari Ramadan tetap jalan. Tujuannya adalah untuk bersilaturahmi dengan masyarakat serta alim ulama.

Kata dia, Safari Ramadan yang dibingkai dengan bukber pada tahun ini kegiatan dimulai salat Ashar berjamaah hingga pukul 17.00 atau sebelum waktu berbuka puasa.

“Jadi tetap jalan Safari Ramadan, dimana kami (pemerintah) memanfaatkan sebagai ajang silaturahmi serta mensosialisasikan program kerja dan mengajak masyarakat lebih memanfaatkan diri di bulan suci. Adapun kegiatannya dilakukan setiap Rabu selama Ramadan,” ucapnya.(and)

 


Solverwp- WordPress Theme and Plugin