Berita Bekasi Nomor Satu

Belajar Ngaji di Usia Senja

MENGAJARKAN NGAJI: Ustaz Jono mengajarkan ngaji sejumlah perempuan lansia di Pondok Al-Quran Usia Lanjut (PAUL) Desa Sukadanau Cikarang Barat Kabupaten Bekasi, Rabu (29/3). ARIESANT/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Tak ada yang terlambat untuk belajar. Adagium itu patut disematkan pada jemaah pengajian Pondok Al-Quran Usia Lanjut (PAUL) Desa Sukadanau Kecamatan Cikarang Barat Kabupaten Bekasi. Kendati rerata usia para jemaah telah senja, namun semangat mereka dalam belajar mengaji nampak tinggi.

 

Kemarin, awak redaksi koran ini menyambangi PAUL di bawah pimpinan Ustaz Tono di Desa Sukadanau. Pada Ramadan tahun ini, jumlah jemaah yang rutin datang ke majelis mencapai 35 orang.

 

Puluhan jemaah itu terbagi ke dalam beberapa kelompok yang didominasi perempuan lanjut usia. Kebetulan kemarin, jelas Ustaz Jono, merupakan jadwal para jemaah yang belajar membaca Iqro, Juz Amma hingga Al-Qur’an beserta tajwidnya.

 

“Ada sekitar 35 orang. Usia mereka campur, ada yang tua maupun muda. Untuk jamaah yang belajar Iqro ada tiga orang, sisanya sudah baca Al-Quran sama Juz Amma. Alhamdulillah yang baca Al-Quran sudah bertambah dari tahun kemarin,” ungkap Ustaz Jono kepada Radar Bekasi, Rabu (29/3/2023).

 

BACA JUGA: Khatamkan 5.500 Kali Al-Quran Selama Ramadan  

 

Berbeda dengan tahun lalu, PAUL binaan Ustaz Jono tidak lagi mengajarkan jemaah pria lansia. Meski begitu, Ustaz Jono tetap mengadakan pertemuan dengan jemaah pria lansia seminggu satu kali untuk berbuka puasa bersama.

 

“Kalau bapak-bapak lansia udah gak ada lagi, paling tadarusan sehabis tarawih. Kami pun buka puasa bersama seminggu sekali. Banyak jemaah pria sudah tak lagi bugar,” tambahnya.

 

Selain mengaji, para jemaah di PAUL ini juga ada yang mengasah ilmu fiqihnya.

 

“Pertama kita beri pelajaran fiqih seperti kita belajar cara adab buang air, wudhu salat dan lain lain. Diajarin dari hal terkecil dulu. Ketika yang terkecil dia paham, insyaallah kesana dia bisa menjalankan perintah rosul. Karena rasul mengajarkannya adab ya, adab terhadap orangtua terutama adab dalam keadaan kita bersuci,” tutupnya. (ris)

 


Solverwp- WordPress Theme and Plugin