Berita Bekasi Nomor Satu

Ahmad Dhani vs Once Makin Panas, Layangkan Somasi Gara-Gara Kasus Ini

Pentolan band Dewan 19 Ahmad Dhani melalui pengacaranya merespons pernyataan Once Mekel saat jumpa pers beberapa hari lalu. (Imam Husein/Jawa Pos)

RADARBEKASI.ID, JAKARTA – Pentolan band Dewa 19 Ahmad Dhani melalui pengacaranya merespons pernyataan Once Mekel saat jumpa pers beberapa hari lalu. Bahkan, Dhani melayangkan somasi terbuka untuk Once.

Pengacara Ahmad Dhani, Aldwin Rahadian menyebut kliennya keberatan atas pernyataan Once Mekel dan kuasa hukumnya yang mengatakan tidak perlunya meminta izin saat membawakan lagu yang memiliki hak cipta selama membayar royalti atas lagu yang dibawakan dalam acara konser. Dalam konteks ini, yang dimaksud adalah lagu Dewa 19.

Jika pihak Once merujuk pada Pasal 23 UU Hak Cipta, pihak Ahmad Dhani justru merujuk pada Pasal 9 UU Hak Cipta yang mengharuskan adanya permintaan izin kepada pemilik hak cipta.

BACA JUGA: Di Tengah Konser Dewa 19, Andre Taulany Mendadak Muncul Nyanyikan “Mungkinkah”

Selain itu, pihak Dhani juga merujuk pada Pasal 80 UU Hak Cipta tentang lisensi.

“Kalau dianggap tidak melanggar, silakan untuk coba-coba. Kita sudah lakukan warning dan surat terbuka. Tentu akan ada konsekuensi hukumnya,” paparnya dalam jumpa pers di Jakarta Selatan, seperti dikutip Fajar (Jawa Pos Group), Selasa (4/4/2023).

Apabila Once Mekel merasa benar setelah adanya somasi terbuka dilayangkan kemarin, pihak Ahmad Dhani menantang Once agar mantan vokalis Dewa 19 tersebut membawakan lagu-lagu Dewa 19.

BACA JUGA: Kangen Konser Dewa 19? Catat Ini Jadwal Manggung dan Harga Tiketnya

“Kalau dilakukan (masih nyanyi lagu Dewa 19), nanti proses hukum akan kita lakukan. Kita berpegangan pada aturan,” tegasnya.

Diketahui sebelumnya, Once Mekel mengaku terkejut dengan ultimatum Ahmad Dhani melarang keras dirinya membawakan lagu Dewa 19.

Seharusnya kata Once, Dhani membuat langkah-langkah yang elegan melalui jalur yang konstruktif apabila ada ketidakpuasan, bukan buat pernyataan menyetir opini publik seolah-olah dia bersalah.

BACA JUGA: Penonton Konser Dewa 19 Keluhkan Fasilitas Jakarta International Stadium

Padahal sebagai sahabat, Once akan terbuka untuk berbicara dengan Dhani. Namun yang disayangkannya, Ahmad Dhani justru membuat pernyataan yang kontra produktif.

Once menegaskan tidak banyak membawakan lagu Dewa 19 setiap kali manggung. Dia membawakan hal itu semata-mata untuk menghibur para penggemar setianya.

“Satu lagu yang saya bawakan tidak berkompetisi dengan Dewa. Dewa sebesar itu dengan penonton 70-an ribu saya mau saingin gimana?” kata Once di Lebak Bulus Jakarta Selatan, Jumat (31/3/2023).

BACA JUGA: Unik, Konser FSTVLST Khusus Penonton Perempuan

Menurut pelantun lagu Dealova itu, Dhani terlalu berlebihan melarangnya menyanyikan lagu-lagu band legendaris Dewa 19.

“Menurut saya berlebihan aja. Dia enggak boleh melarang. Dia menikmati hasil kerja teman-teman juga untuk membesarkan Dewa 19,” tegasnya. (jpc)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin