Berita Bekasi Nomor Satu

Tak Penuhi Syarat Laik Jalan, Bus Angkutan Mudik Dikembalikan ke Pool

PERIKSA BUS : Petugas memeriksa bus saat persiapan arus mudik di Terminal Bekasi, Selasa (4/4). Dari 14 kendaraan yang diperiksa baru tiga yang dinyatakan laik jalan. RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Menjelang arus mudik lebaran Idul Fitri 1444 H, petugas terminal Induk Kota Bekasi kembali melakukan persiapan berupa pemeriksaan teknis hingga kelengkapan administrasi atau ramp check.

Kepala Seksi Angkutan Tidak Dalam Trayek (ATDT) Dinas Perhubungan Kota Bekasi Permana Sidik mengatakan masih banyak kendaraan bus yang belum laik jalan. Total dari 14 unit kendaraan yang dilakukan pemeriksaan baru 3 yang laik jalan

“Disini ditemukan rata rata kartu pengawasannya, surat trayeknya masa berlakunya sudah habis, itu rata rata kita temukan dan baru ada tiga yang laik jalan hari ini,” ujar Permana saat ditemui di Terminal Induk Bekasi, Selasa (4/4)

Dari beberapa kendaraan, ada beberapa yang harus dikembalikan ke pool dan diberikan catatan untuk segera diperbaiki.

“Ada skalanya pertama dari baut, roda, terus sistem pengereman, lampu, sein, dan lain lain kita masih menunggu perbaikan kembali, jadi pas lebaran itu, mereka sudah mempersiapkan segala sesuatunya,” tuturnya.

Permana menjelaskan kegiatan ramp check ini dilakukan dari 28 Maret sampai 6 April 2023. Berbagai tahapan mulai dari sosialisasi hingga teguran.

“Sampai tanggal 6 April 2023 (ramp check), kita mulai dari tanggal 28 sampai 30 kita sosialisasi. Lalu tanggal 3 kita mulai teguran, nanti ada pengecekan sekali lagi kita nyatakan kendaraan tidak boleh jalan bagi yang tidak laik jalan,” bebernya

“Kami sudah berikan teguran, kami sudah ramp check, tapi tidak dilakukan maka terpaksa kita akan batalkan keberangkatannya,” tegas dia.

Ram check ini, kata Permana baru difokuskan di kawasan terminal Bekasi saja, nanti akan diperluas ke agen bus luar Terminal Bekasi.

“Sementara kita fokuskan di terminal, kami dalam hal ini BPTJ memberikan arahan ke kami termasuk PO yang non trayek (tidak masuk terminal) seperti di Cikunir nanti kita akan buatkan surat perintah untuk ramp check kepada PO itu,” tutupnya. (rez)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin