Berita Bekasi Nomor Satu

Jumlah Kerugian Masih Didata, Api Kerap Muncul, Damkar Masih Kerahkan Petugas

Illustrasi : Petugas damkar berusaha memadamkan api yang melalap pabrik pengolahan limbah plastik di Jalan Macem, Sumur Batu, Bantargebang Kota Bekasi, Sabtu (9/4). Kebakaran tersebut diduga akibat korsleting listrik. RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Kebakaran hebat yang menimpa perusahaan pengolahan limbah plastik di Jalan Macem RT 04/01 Sumur Batu, Bantargebang, Kota Bekasi Sabtu (8/4) dini hari menyita perhatian banyak pihak. Sebanyak 19 mobil pemadam dikerahkan untuk menjinakkan api yang berlangsung hampir 24 jam.

Hingga kemarin proses pendinginan masih dilakukan pihak Damkar Kota Bekasi, dengan menerjunkan empat armada pemadam dan dua armada rescue. Pasalnya, tumpukan material limbah plastik yang terbakar masih berpotensi memunculkan api.

Kasi Komunikasi dan Investigasi Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Bekasi, Heri Kurnianto mengatakan, petugas masih berjibaku di lapangan untuk mendinginkan sisa-sisa material kebakaran. Hal ini dilakukan guna memastikan tidak ada lagi api yang menyala di dalam kawasan yang terbakar.

“Masih ada petugas yang berada di lokasi, armada juga masih berada di lokasi, empat unit mobil pemadam dan dua unit rescue,” tambahnya.

Terkait jumlah kerugian pihaknya masih menginventarisir kerugian akibat kebakaran dahsyat yang terjadi menjelang akhir pekan. Kerugian belum bisa ditaksir lantaran proses pemadaman masih berlangsung sampai dengan malam kemarin.

“Masih dalam proses perhitungan, karena proses pemadaman belum selesai,” katanya.

Di lokasi, Komandan Regu, Pleton C, Mastur Hardiansyah mengatakan, pemadaman sudah dilakukan sejak Sabtu (8/4) kemarin, dan hingga Minggu sore masih melakukan pendinginan.

“Sebetulnya api sudah padam yang sudah dilakukan oleh kompi A, namun mengingat material yang begitu menumpuk di dalam lokasi kebakaran, sehingga air lebih sulit untuk mengakses titik api, kemudian saat ini masih dilakukan pendinginan,” kata Herdiansyah saat ditemui di lokasi, Minggu (9/4).

Pihaknya mengaku tim sudah tiga kali bergantian ke lokasi. Sejauh ini titik api masih ditemukan mengingat material yang terbakar sulit untuk dipadamkan.

“Ketika kita istirahat kan untuk pemadaman, ternyata beberapa titik masih muncul asap dan kemudian masih muncul api lagi dan sekarang sudah sampai ke kompi C. Dari kejadian pertama kompi A, lalu kompi B 24 jam, kemudian sampai ke kita kompi C, dan sampai saat ini untuk level sudah pendinginan kembali mengingat material yang menggunduk, tetapi bawahnya masih panas ada uap yang memang sewaktu-waktu bisa keluar dan bisa menjadi api,” jelasnya

Menurutnya tim damkar juga kesulitan untuk mendapatkan suplai air untuk pengisian air armada damkar karena tidak adanya hydrant dan tempat penampungan air yang bisa digunakan.

“Makanya petugas menyesuaikan kondisi karena mengingat sumber air sangat sulit yah sementara kita ambil air di IPAL yah karena itu yang terdekat, satu setengah kilo lah paling dekat, daripada kita balik ke Kalimalang itu kan jauh sekali,” jelasnya.

Pihaknya mengupayakan untuk membuka akses baru dengan menjebol tembok sebelah barat pabrik untuk proses pendinginan di titik yang berpotensi memunculkan api.

“Karena biji plastik, bahan yang mudah terbakar memang secara durasi cukup lama apabila dipadamkan, Namun petugas masih mengalami kesulitan, karena material bahan masih banyak yang menutupi titik titik api yang masih bersembunyi. Jadi kita tidak bisa mengakses langsung dan kita mesti mengurai bahan bahan yang menutupi bagian dasar dari sumber api tersebut,” kata dia

Lanjut dia, api sudah berhasil dipadamkan sekitar pukul 06.00, namun ketika ditinggal istirahat api kembali muncul, “30 menit ada api, ada asap lagi asap lagi, kita pun sudah melakukan suntik sebagian agar api tidak membesar,” terang dia

Pantauan Radar Bekasi pukul 13.00, api masih menyala di titik bagian tengah pabrik, dan atap bangunan yang terbuat dari besi itu ludes terbakar. Pihak damkar masih mendata total kerugian akibat peristiwa kebakaran tersebut. (rez/sur)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin