Berita Bekasi Nomor Satu

Pacaran Bikin Puasa jadi Percuma

Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Ashriyyah Al-Ma'muriyyah Ling Ibrahim

RADARBEKASI.ID, BEKASI –  Tetap berpuasa sembari pacaran apakah membatalkan puasa yang sudah seharian dijalankan? Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Ashriyyah Al-Ma’muriyyah Ling Ibrahim menjelaskan, bahwa puasanya tidak akan batal bagi mereka umat muslim yang tetap berpacaran.

 

“Biasanya kaum muda suka-sukaan dengan lawan jenis, kemudian memiliki status pacaran. Lalu mereka menjalankan ibadah puasa, ibadah puasanya tidak akan batal namun pahalanya tidak akan didapatkan,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Selasa (11/4/2023).

 

Sementara bukan hanya tidak diterima pahala puasanya, namun mereka juga akan mendapatkan dosa. Karena puasa bukan hanya sekedar menahan lapar dan dahaga saja, akan tetapi juga menahan diri dari perbuatan yang Allah SWT larang.

 

“Pahala tidak didapatkan namun dosa yang akan didapatkan, karena puasa bukan hanya sekedar menahan lapar dan dahaga saja, akan tetapi juga harus menahan diri dari perbuatan yang Allah larang, ya salah satunya berkhalwat antara laki-laki dan perempuan yang bukan muhrim,” tuturnya.

Hal tersebut sudah diingatkan oleh Rasul Muhammad SAW dalam sabdanya, “Kam min sayim lays lah min siamih ‘iilaa aljue waleatsh” yang artinya “Betapa banyak orang yang berpuasa namun dia tidak mendapatkan sesuatu dari puasanya kecuali rasa lapar dan dahaga”

(HR An-Nasa’i). (dew)

 


Solverwp- WordPress Theme and Plugin