Berita Bekasi Nomor Satu

Ini Profil Wali Kota Bandung Tersangka Korupsi Barang dan Jasa, Ternyata…

Wali Kota Bandung Yana Mulyana. (Bagus Ahmad Rizaldi/Antara)

RADARBEKASI.ID, JAKARTA – KPK telah menetapkan Wali Kota Bandung Yana Mulyana sebagai tersangka korupsi pengadaan barang dan jasa, tepatnya dalam pengadaan CCTV dan jaringan internet Program Smart City.

Yana Mulyana tidak sendiri. KPK menetapkan 5 orang lainnya sebagai tersangka. Yana dan 2 tersangka dari unsur pemerintah sedangkan 3 tersangka lainnya dari unsur swasta.

Penetapan tersangka menyusul setelah Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan KPK pada Jumat (14/4/2023) malam.  Dalam operasi senyap malam itu, KPK menangkap 8 orang, termasuk Wali Kota Bandung Yana Mulyana.

BACA JUGA: KPK Tetapkan Wali Kota Bandung Tersangka Bersama 5 Orang Lain

Yana Mulyana merupakan Wali Kota Bandung yang lahir pada 17 Februari 1965. Ia merupakan seorang politikus dan pengusaha. Lahir dari keluarga militer, ayahnya bernama Soepardjo merupakan seorang mantan Letnan Jenderal TNI.

Yana Mulyana pernah mengenyam Pendidikan di SMP 15 Bandung, lalu melanjutkan ke SMA 5 Bandung. Ia meraih gelar sarjana dari Universitas Islam Nusantara Bandung.

Ia aktif di beberapa organisasi seperti Ikatan Insinyur Indonesia (IATI), Institute of Structural Engineers (IstructE) dan International Association for Structural Engineers of Bridges (IABSE).

BACA JUGA: Wali Kota Bandung Kena OTT KPK, Ini Kasusnya

Ia juga pernah menjabat sebagai Bendahara KNPI Jabar, Wakil Ketua HIPMI Jabar dan Sekretaris Dewan Pembina Kadin Jabar.

Selain itu, Yana adalah Ketua Taekwondo Jawa Barat, Ketua PSSI Kota Bandung, Ketua IKA SMAN 5 Bandung, Ketua Komite Sekolah SMAN 5 Bandung, Putera Purnawirawan dan Forum Komunikasi Masyarakat Indonesia. Serta menjabat sebagai ketua Angkatan Bersenjata TNI-Polri (FKPPI).

Sebelum menjadi Wali Kota Bandung, Yana merupakan Wakil Wali Kota Bandung mendampingin Oded M Danial. Namun, pada tahun 2021 Oded meninggal dunia, sehingga Yana Mulyana harus menggatikan posisinya dan naik jabatan menjadi Walikota Bandung dan sudah dilantik pada 18 April 2022 oleh Gubernur Jawa Barat.

BACA JUGA: KKB Kembali Berulah, Tembak Pesawat Asian One di Beoga

Selain menjadi Wali Kota Bandung, ia merupakan seorang pengusaha yang memiliki bisnis properti dan merupakan pendiri radio Rase FM.

Kiprah Yana mendirikan radio pada tahun 1987 saat ia melanjutkan proses perizinan radio Rase yang sebelumnya tertunda, dan saat ini menjabat sebagai Walikota Bandung.

BACA JUGA: Ini Jadwal One Way, Contra Flow dan Ganjil Genap Serentak saat Musim Mudik Lebaran 2023

Namun, belum genap satu tahun menjadi Walikota Bandung. Pada 14 April 2023, Yana ditangkap Tim Penindakan KPK karena diduga terlibat praktik suap pengadaan barang dan jasa di Bandung. (jpc)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin