Berita Bekasi Nomor Satu

Tetap Jaga Keseimbangan Gizi

Dokter spesialis gizi klinik di RSCM dan RS Ananda Bekasi, dr. Wina Sinaga, MGizi, SpGK (K)

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Berpuasa tak lantas kita harus melupakan asupan gizi yang seimbang kepada tubuh. Untuk menjaga gizi seimbang selama berpuasa, dibutuhkan asupan yang cukup seperti berbuka dengan air putih, ditambah dengan potongan buah kurma 3-5 buah atau buah pepaya sekitar 50-70 gram buah.

Setelah berbuka seseorang dapat menjeda waktu makan dengan salat, menu makan malam sendiri harus terpenuhi dengan gizi seimbang seperti karbohidrat, protein dan lemak berupa nasi, lauk pauk dan sayuran.

Hindari berbuka dengan makanan yang terlalu manis apalagi lebih dari porsi makanan biasanya, sahur sebaiknya tidak dilewatkan untuk memenuhi kebutuhan harian.

BACA JUGA: Ramadan Bisa jadi Momentum Berhenti Merokok  

Saat sahur seseorang yang berpuasa juga harus makan dengan gizi yang seimbang, dan jangan lupa mengkonsumsi air putih yang cukup yaitu minimal 8 gelas dengan beberapa bagian.

Pembagian minum 8 gelas sendiri dapat dilakukan yaitu, 1 gelas setelah bangun sahur, 1 gelas setelah makan sahur, 1 gelas saat berbuka puasa, 1 gelas setelah salat maghrib, 1 gelas setelah makan malam, 1 gelas setelah salat isya, 1 gelas setelah salat tarawih, dan 1 gelas sebelum tidur. (dew)

 

Solverwp- WordPress Theme and Plugin