Berita Bekasi Nomor Satu

Puncak Arus Balik Diprediksi 24-25 April, Polri Bakal Lakukan Ini

Suasana arus lalu lintas di Gerbang Tol Cikampek Utama. ANTARA/HO - Jasa Marga

RADARBEKASI.ID, JAKARTA – Puncak arus balik Lebaran 2023 diprediksi bakal terjadi Senin-Selasa (24-25 April) besok. Sejumlah langkah antisipatif dilakukan Polri.

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowomenyampaikan, puncak arus balik Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriah diprediksi terjadi pada 24-25 April 2023. Sejumlah rekayasa lalu lintas pun siap diberlakukan untuk mengurai kepadatan pemudik.
Sigit mengatakan, arus mudik maupun balik tahun ini memiliki tantangan yang lebih berat untuk petugas. Sebab, angka pemudik tahun ini menjadi yang paling tinggi sejak periode mudik 2019 lalu.
“Perlu dilakukan langkah-langkah untuk melakukan rekayasa, untuk pengaturan di jalur tol maupun arteri,” kata Sigit melalui siaran virtual, Minggu (23/4/2023).
Rekayasa lalu lintas yang disiapkan petugas yakni one way, dan contra flow di jalan tol. Ada pula rencana penerapan ganjil genap di tol apabila volume kendaraan terus meningkat.
“Ini akan diberlakukan agar beban jalan pada puncak arus balik bisa kita urai, distribusikan, karena memang beban 24-25 puncak arus balik memang harus diurai kalau tidak stuck karena bbenan terkait luas jalan ini memang beban yang ada melampaui kapasitas baik tol maupun arteri,” imbuhnya.
Untuk one way direncanakan diterapkan seperti saat arus mudik. Yakni dari KM 414 Gerbang Tol Kalikangkung sampai dengan KM 70 Gerbang Tol Cikampek Utama. Adapun waktu pemberlakuannya akan disesuaikan dengan pemantauan volume kendaraan yang melintas.
“Apabila harus dilkajukan one way sampai mengarah ke Jakarta kami mempersiapkan dari KM 70 kemudian 36, sampai 3+500, termausk contraflow kita sesuaikan dengan hitungan yang ada di Jasa Marga untuk pemantauan terkait volume kepadatan lalu lintas,” pungkas Sigit.
Sigit mengimbau masyarakat yang hendak balik ke Jakarta dan sekitarnya untuk mengikuti arahan petugas di lapangan. Sehingga kepadatan kendaraan bisa diantisipasi dengan baik. (jpc)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin