Berita Bekasi Nomor Satu

Arus Balik, Hari Ini One Way KM 414 Hingga KM 70, Simak Rute Alternatif dari Jakarta ke Arah Timur

Ilustrasi One way lokal yang diberlakukan sejak pukul 17.08 WIB ini dibuka dari KM 414 Gerbang Tol Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang hingga KM 443 Gerbang Tol Bawen Jalan Tol Semarang-Solo. Foto dok.

RADARBEKASI.ID, JAKARTA – Korps Lalu Lintas Polri akan menerapkan one way dari KM 414 Gerbang tol Kalikangkung Semarang, Jawa Tengah, sampai dengan KM 70 Gerbang Tol Cikampek Utama, Jawa Barat hari ini, Senin (24/4/2023) mulai pukul 14.00 WIB. Untuk pembersihan jalur, akan dilakukan mulai pukul 12.00 WIB.

“Korlantas Polri juga akan berlakukan rekayasa contraflowdari KM 70 sampai dengan KM 47 Tol Jakarta-Cikampek di waktu yang sama, yakni pukul 14.00 WIB,” kata Kabagops Korlantas Polri Kombes Pol Eddy Djunaedi.
Imbas dari kebijakan ini, kendaraan dari arah Jakarta menuju ke arah Timur seperti Purwakarta, Subang, Cirebon dan wilayah Jawa Tengah serta seterusnya akan dilakukan penyesuaian.
Ruas jalan tol Jakarta-Cikampek sampai KM 66 ambil arah kiri menuju ruas tol Cipularang masuk ke gerbang tol Kalihurip Utama selanjutnya keluar Sadang di Km 76 Cipularang. Berlanjut melewati Purwakarta melalui jalan arteri.
Ruas jalan tol Jakarta-Cikampek sampai KM 68 exit di Dawuan tepatnya di gerbang tol Kalihurip 1, selanjutnya lewat Purwakarta atau Cikampek melalui arteri. Polri menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan oleh pengendara.
“Semoga perjalanannya aman, nyaman dan selamat sampai tempat tujuan,” jelasnya.
Sebelumnya, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menyampaikan, puncak arus balik Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriah diprediksi terjadi pada 24-25 April 2023. Sejumlah rekayasa lalu lintas pun siap diberlakukan untuk mengurai kepadatan pemudik.
Sigit mengatakan, arus mudik maupun balik tahun ini memiliki tantangan yang lebih berat untuk petugas. Sebab, angka pemudik tahun ini menjadi yang paling tinggi sejak periode mudik 2019 lalu.
“Perlu dilakukan langkah-langkah untuk melakukan rekayasa, untuk pengaturan di jalur tol maupun arteri,” kata Sigit.
Rekayasa lalu lintas yang disiapkan petugas yakni one way, dan contraflow di jalan tol. Ada pula rencana penerapan ganjil genap di tol apabila volume kendaraan terus meningkat.
“Ini akan diberlakukan agar beban jalan pada puncak arus balik bisa kita urai, distribusikan, karena memang beban 24-25 puncak arus balik memang harus diurai kalau tidak stuck karena beban terkait luas jalan ini memang beban yang ada melampaui kapasitas baik tol maupun arteri,” imbuhnya.
Untuk one way direncanakan diterapkan seperti saat arus mudik. Yakni dari KM 414 Gerbang Tol Kalikangkung sampai dengan KM 70 Gerbang Tol Cikampek Utama. Adapun waktu pemberlakuannya akan disesuaikan dengan pemantauan volume kendaraan yang melintas.
BACA JUGA: Lebaran Prabowo
“Apabila harus dilakukan one way sampai mengarah ke Jakarta kami mempersiapkan dari KM 70 kemudian 36, sampai 3+500, termasuk contraflow kita sesuaikan dengan hitungan yang ada di Jasa Marga untuk pemantauan terkait volume kepadatan lalu lintas,” pungkas Sigit. (jpc)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin