Berita Bekasi Nomor Satu

Sepekan Delapan Kasus Kebakaran

ILUSTRASI: Petugas pemadam kebakaran memadamkan api yang melalap pabrik limbah plastik di Bantargebang, Kota Bekasi, belum lama ini. RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Dinas Pemadaman Kebakaran Kota Bekasi mencatat ada delapan peristiwa kebakaran selama libur lebaran 2023. Kebakaran menimpa rumah tinggal, tempat usaha hingga gardu listrik.

Dari rentetan peristiwa itu, dugaan kebakaran disebabkan korsleting listrik, kebocoran gas hingga puntung rokok.

“Kejadian di Kota Bekasi ada delapan (peristiwa kebakaran), dari tanggal 19 April awal tanggal cuti lebaran sampai akhir tanggal 26 April,” ujar Kasi Komunikasi dan Investigasi Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Bekasi, Heri Kurnianto. saat dihubungi melalui pesan singkat, Kamis (27/4).

Dia mengatakan dari delapan kejadian kebakaran total kerugian kurang lebih mencapai Rp 2,5 miliar. “Kerugian kurang lebih 2,5 M,” singkatnya

Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bekasi, lanjut Heri, terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait tingginya angka kebakaran di Kota Bekasi akibat korsleting listrik.

“Kedepannya Dinas Pemadam Kebakaran dan penyelamatan meningkatkan sosialisasi ke masyarakat penyebab tingginya kebakaran akibat korsleting listrik,” tuturnya

Selain itu, kata Heri terus mendorong masyarakat untuk memiliki apar di wilayah sebagai penanganan di lapangan untuk mencegah meluasnya kebakaran.

Dari peristiwa yang diunggah di media sosial Instagram @damkarkotabekasi diketahui, rentetan peristiwa kebakaran selama libur lebaran terjadi mulai 20 April 2023 di sebuah rumah bermula dari Miniature Circuit Breaker (MCB) yang terbakar, di Mutiara Gading Timur RT 08/33 Mustikajaya.

Pada Jumat (21/4) kebakaran juga menimpa rumah tinggal di Perumahan Royal Cikunir Kelurahan Jakamulya, Bekasi Selatan. Di hari yang sama api juga melalap sebuah ruko di Jalan Raya Pondokgede RT 03/02, Jatirahayu, Pondokgede.

Kemudian, kebakaran juga terjadi pada Sabtu (22/4) yang melalap bangunan rumah di Pondok Ungu Permai (PUP) Sektor 5 Desa Bahagia Kabupaten Bekasi yang turut melibatkan damkar Kota Bekasi untuk proses pemadaman. Minggu (23/4) kebakaran terjadi pada rumah tinggal di Perumahan Alinda Kencana Permai, Kaliabang, Bekasi Utara.

Senin (24/4) sebuah kios terbakar di Perumahan Wisma Asri Rt 01/08 Kelurahan Telukpucung, Bekasi Utara. Hari berikutnya, Selasa (25/4) kebakaran menimpa sebuah rumah makan di Perwira RT 11/08, Kelurahan Perwira, Bekasi Utara.

Di hari yang sama kebakaran menimpa rumah tinggal di Perumnas II Jalan Gunung Gede IV RT 01/13 Kelurahan Kayuringinjaya, Bekasi Selatan. Kebakaran juga terjadi pada sebuah tiang listrik di Mustikajaya. (25/4).

Dari rentetan peristiwa kebakaran yang terjadi di Kota Bekasi selama sepekan libur lebaran banyak disebabkan oleh korsleting listrik. Di sampaing itu juga ada dugaan penyebab lain seperti puntung rokok, hingga kebocoran gas yang menyebabkan kebakaran meluas. (rez).


Solverwp- WordPress Theme and Plugin