Berita Bekasi Nomor Satu

172 Perwira TNI Mutasi dan Rotasi, Termasuk Pangkogabwilhan III dan Danpuspom

Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono (Melalusa Susthira K/Antara)

RADARBEKASI.ID, JAKARTA – Sebanyak 172 perwira TNI menjalani mutasi dan promosi. Dalam mutasi dan rotasi kali ini, Panglima TNI Yudo Margono turut merotasi Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) III, Panglima Daerah Militer XVII/Cenderawasih, dan Komandan Pusat Polisi Militer (Danpuspom) TNI.

Mutasi dan promosi ratusan perwira itu tercantum dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/426/IV/2023 yang diteken oleh Laksamana Yudo pada 27 April 2023 sebagaimana dikonfirmasi oleh Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Laksamana Muda (Laksda) TNI Julius Widjojono saat dihubungi di Jakarta, Rabu (3/5/2023).

“Penetapan sesuai tanggal (ditekennya) surat keputusan,” kata Laksda Julius di Jakarta, Rabu (3/5/2023).

BACA JUGA: Lihat Nih, Panglima Mutasi 219 Perwira TNI, Ada Danjen Kopassus dan 8 Danrem

Dalam SKEP itu, dua jenderal bintang tiga yaitu Letjen TNI I Nyoman Cantiasa dimutasi dari Pangkogabwilhan III menjadi Koordinator Staf Ahli (Koorsahli) Kepala Staf TNI Angkatan Darat, sementara Letjen TNI Ignatius Yogo Triyono yang sebelumnya Koorsahli Kasad dipindah menjadi perwira tinggi Mabes TNI AD.

Posisi Pangkogabwilhan III pun diisi oleh Mayjen TNI Agus Suhardi, yang mendapatkan promosi dari jabatan sebelumnya sebagai Asisten Operasi (Asops) Panglima TNI.

Di jajaran jenderal bintang dua lainnya, Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa dimutasi dari Pangdam XVII/Cenderawasih menjadi Perwira Staf Ahli Tingkat III Kasad Bidang Sosial, Budaya, Hukum, HAM, dan Narkoba. Posisi Pangdam XVII/Cenderawasih saat ini diisi oleh Mayjen TNI Izak Pangemanan, yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Staf (Kas) Kogabwilhan III.

BACA JUGA: Panglima TNI: Pilot Susi Air Bakal Ditembak KKB Jika Pembebasan Secara Militer

Di jajaran perwira TNI Angkatan Laut, Laksda TNI Edwin juga kena rotasi dari Danpuspom TNI menjadi Panglima Komando Lintas Laut Militer (Pangkolinlamil).

Oleh karena itu, Laksda TNI Yayan Sofiyan, yang sebelumnya menjabat Pangkolinlamil, saat ini menjabat sebagai Staf Khusus Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal).

Posisi Danpuspom TNI pun diisi oleh Marsekal Muda (Marsda) TNI R. Agung Handoko yang sebelumnya menjabat sebagai Inspektur Jenderal TNI AU (Irjenau).

BACA JUGA: Ini Mutasi Terbaru 2023 di Tubuh Polri, Irjen Fadil Imran ke Kabaharkam, Irjen Karyoto Jadi Kapolda Metro Jaya

Posisi Irjenau diisi oleh Marsda TNI Eko D. Indarto, yang sebelumnya menjabat sebagai Gubernur Akademi Angkatan Udara (AAU).

Marsekal Pertama (Marsma) TNI Wayan Superman mendapatkan promosi menjadi Gubernur AAU dari jabatannya semula sebagai Wakil Asisten Operasi (Waasops) Kasau.

Mayjen TNI Legowo W. R. Jatmiko ikut kena mutasi dari jabatannya sebagai Gubernur Akademi Militer (Akmil) TNI AD menjadi Perwira Staf Ahli Tingkat III Kasad Bidang Intekmil dan Siber.

BACA JUGA: Ini 16 Pejabat Eselon 2 yang Mutasi Rotasi Hari Ini di Pemkot Bekasi

Brigjen TNI Erwin Djatniko, yang sebelumnya menjabat Wakil Gubernur Akmil mendapat promosi sebagai Gubernur Akmil.

Kemudian, Laksda TNI Agus Hariadi juga kena mutasi menjadi staf khusus Kasal dari jabatannya semula Pangkoarmada III. Posisi Pangkoarmada III diisi oleh Laksda TNI Rachmad Jayadi, yang sebelumnya menjabat Wakil Komandan Kodiklat TNI Angkatan Laut.

Beberapa perwira tinggi TNI di Papua yang ikut kena kebijakan rotasi Panglima, antara lain Brigjen TNI Juinta Omboh Sembiring, yang sebelumnya menjabat Danrem 172/Pwy (Abepura) menjadi Perwira Staf Ahli Tingkat II Kasad Bidang Sosial dan Budaya.

BACA JUGA: Plt Wali Kota Bekasi Mutasi Sekda, Ini Penggantinya

Posisi Danrem 172/Pwy pun diisi oleh Kolonel Inf Dedi Hardono, yang mendapatkan promosi dari jabatan sebelumnya perwira menengah Denmabesad.

Jabatan Kepala Dinas Penerangan TNI AU (Kadispenau), yang sebelumnya diisi oleh Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah saat ini dipegang oleh Kolonel Pnb R. Agung Sasongkojati. Marsma Indan saat ini bertugas sebagai staf khusus Kasau dalam rangka pendidikan PPSA XXIV Lemhannas. (jpc)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin