Berita Bekasi Nomor Satu

Setan Merah Jepang Jawara Liga Champions Asia 2022

Skuad Urawa Red Diamonds merayakan gelar juara Liga Champions Asia. (AFP)

RADARBEKASI.ID, JEPANG – Urawa Red Diamonds menjuarai Liga Champions Asia 2022. Sabtu (6/5/2023) di Saitama Stadium, Urawa menang 1-0 atas klub Arab Saudi Al-Hilal pada leg kedua final.

Dengan demikian, Setan Merah, julukan Urawa, unggul agregat 2-1 atas Al-Hilal. Pada leg pertama di King Fahd Stadium, Riyadh (29/4/2023), keduanya bermain 1-1.

Gelar kemarin membuat Urawa tim tersukses Jepang di Liga Champions dengan koleksi trofi sebanyak tiga kali (2007, 2017, dan 2022). Hanya Al-Hilal (4 trofi) yang punya koleksi lebih banyak dari Urawa.

BACA JUGA: Setelah Tiga Kali Tampil, Cristiano Ronaldo Akhirnya Cetak Gol untuk Al Nassr di Liga Arab

Kemenangan Urawa di leg kedua kemarin tidak lahir dari ’’pemain sendiri’’, tetapi lewat gol bunuh diri pemain Al-Hilal Andre Carillo pada menit ke-48.

’’Sejak awal masa persiapan, aku sudah memikirkannya (juara, Red) dengan mengondisikan tim beradaptasi di situasi sulit,’’ kata pelatih Urawa Maciej Skorza kepada AP.

Pernyataan pelatih asal Polandia itu merujuk pada performa timnya yang tahun ini memang jauh dari kata konsisten. Di J1 League saat ini, mereka masih tertahan di posisi ke-6. Di J.League Cup lebih buruk.

BACA JUGA: Bekuk Al Hilal, Chelsea ke Final Piala Dunia Antarklub

Mereka terancam gagal lolos fase knockout lantaran dalam empat matchday selalu meraih hasil imbang. Padahal, fase grup J.League Cup tinggal menyisakan dua matchday lagi.

Nah, di laga kemarin, secara statistik Al-Hilal tampil mendominasi. Al-Hilal menguasai distribusi bola hingga 71 persen dibandingkan 29 persen.

Dari sepakan ke gawang lawan, Al-Hilal juga melesakkan 5 tendangan dengan 3 di antaranya mengarah ke gawang. Sementara itu, dari 4 tembakan Urawa, semuanya tidak ada yang tepat sasaran.

BACA JUGA: Setan Merah Kalah 7-0 Lawan Liverpool, Legenda Manchester United Kritik Begini

’’Laga yang sulit di antara jadwal superketat. Tetapi, ini telah menjadi takdir kami,’’ ucap pelatih Ramon Diaz dikutip ESPN. Diaz juga gagal membawa Al-Hilal back-to-back juara Liga Champions.

Di sisi lain, dengan hasil kemarin, rekor Urawa versus Al-Hilal di Liga Champions menjadi 2-1 untuk keunggulan tim asal Jepang itu. Pada edisi 2017, Urawa juara. Kemudian, Al-Hilal membalasnya di edisi 2019. (jpc)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin