Berita Bekasi Nomor Satu

Penilaian Ujian Praktik Siswa SMK di Kota Bekasi Tahun Ini Berbeda

RADARBEKASI.ID, BEKASI Ujian praktik bagi siswa kelas 10 dan 11 SMK di Kota Bekasi akan dilaksanakan 5-16 Mei 2023. Tahun ini, penilaian ujian praktik untuk kenaikan kelas tersebut berbeda dibandingkan sebelumnya.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMK Bisnis dan Teknologi (Bistek) Kota Bekasi, Heri Riswanto, menyampaikan penilaian ujian praktik kali ini berbeda dibandingkan tahun lalu saat pandemi.

“Materi yang dinilai sedikit berbeda saat masa pandemi dan masa sekarang,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Kamis (25/5).

Pada tahun sebelumnya, penilaian ujian praktik dilakukan secara esensial. Sedangkan tahun ini penilaian secara menyeluruh, baik penilaian esensial pada masing-masing jurusan, sikap, dan waktu pengerjaan.

“Penilaian setiap jurusan itu berbeda-beda dan tahun ini penilaian dilakukan secara menyeluruh, jadi lebih lengkap karena tidak ada lagi batasan pada kegiatan praktik,” katanya.

Diakui, pihak sekolah telah memberikan arahan kepada siswa untuk bisa mempersiapkan diri dengan matang ujian praktik pada masing-masing jurusan yang diambil.

“Persiapkan materi yang sudah dipelajari dalam beberapa semester ini, karena nilai praktik juga akan cukup berpengaruh terhadap proses kenaikan kelas nantinya,” tuturnya.

BACA JUGA: Siswa SMKN 9 Bekasi Latihan Ekstra Jelang Tampil O2SN Tingkat Provinsi

Hal senada disampaikan Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas SMKN 15 Kota Bekasi, Dhani Irawan. Ia mengatakan, ujian praktik bukan lagi mengerjakan proyek sesuai dengan masing-masing keahlian.

“Untuk ujian praktik tahun lalu masih dilakukan dengan projek yang dikerjakan di rumah, tapi untuk penilaian praktik kenaikan kelas tahun ini sudah dilakukan secara langsung sesuai dengan metode penilaian masing-masing jurusan,” ucapnya.

Menurutnya, penilaian kali ini bukan hanya dilihat dari ketuntasan dalam pengerjaan. Namun juga dilihat dari konsentrasi dan keterampilan siswa dalam kompetensinya.

“Mengetahui keterampilan siswa sesuai konsentrasi kompetensinya itu menjadi penilaian khusus dalam masing-masing jurusan,” jelasnya.

Pihak sekolah telah mengingatkan kepada siswa untuk bisa mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian praktik pada masing-masing jurusannya.

“Siapkan diri tentunya dan kami ingatkan untuk mempelajari materi-materi yang sudah disampaikan sebelumnya,” pungkasnya. (dew)

 

 


Solverwp- WordPress Theme and Plugin