Berita Bekasi Nomor Satu

Penumpang Diperbolehkan Lepas Masker

NYAMAN KENAKAN MASKER: Sejumlah penumpang di Stasiun Bekasi Senin (12/6) masih banyak yang mengenakan masker dengan alasan kesehatan dan kenyamanan meski sudah diperbolehkan melepas masker.RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Seluruh pengguna Commuter Line diperbolehkan tidak menggunakan masker, dengan catatan dalam keadaan sehat dan tidak beresiko tertular atau menularkan Covid-19. Meskipun demikian, sejumlah pengguna yang turun di Stasiun Bekasi mengaku lebih nyaman menggunakan masker selama menggunakan Commuter Line.

Kebijakan ini diberlakukan sesuai dengan Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) nomor 17 tahun 2023 tentang protokol kesehatan pelaku perjalanan orang dengan transportasi kereta api pada masa transisi endemi Covid-19.

Selain itu, penumpang dianjurkan untuk melakukan vaksinasi Covid-19 sampai dengan booster kedua atau dosis keempat, terutama bagi masyarakat yang memilik resiko tinggi penularan Covid-19.

Salah satu pengguna, Egi menyampaikan bahwa ia telah mengetahui pengumuman diperbolehkannya penumpang tidak menggunakan masker lewat media sosial. Meski kebijakan ini dinilai baik lantaran angka kasus Covid-19 belakangan sangat rendah, ia memilih tetap menggunakan masker dengan alasan kenyamanan.

“Menurut saya sih karena sudah nyaman pakai masker, ya pakai masker aja,” katanya, Senin (12/6).

Pengguna lain juga memilih untuk tetap menggunakan masker dengan alasan untuk mencegah resiko penularan jika sewaktu-waktu penyebaran virus kembali terjadi.

Penumpang lainnya, Syifa mengaku masker sudah menjadi kebiasaan sejak pandemi Covid-19 pada 2020 silam. Pandemi telah mengajarkan ia lebih peduli pada kesehatan. Terlebih ketika berada di dalam kereta, ia mengaku penggunaan masker adalah cara yang baik untuk menjaga kesehatan ketika berada di antara banyak orang.

“Karena kan kita sudah jadi habit ya, sudah biasa dari tahun 2021, dari yang gapake masker ke pake masker. Terus sekarang kan juga aware sama kesehatan sih lebih tepatnya,” ungkapnya.

Guna membentengi diri dari virus lain, KAI Commuter tetap menghimbau penggunaan masker dengan baik dan benar selama perjalanan maupun diarea stasiun, terutama saat batuk dan flu.

Selain penggunaan masker, pengguna juga diharapkan terus mentaati protokol kesehatan lainnya, seperti tetap membawa hand sanitizer atau mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir setelah menyentuh benda-benda yang digunakan bersama-sama.

“KAI Commuter juga mengharapkan kerjasama seluruh pengguna Commuter Line untuk tetap menerapkan protokol kesehatan saat diperjalanan maupun di area stasiun,” kata VP Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba.

Selain kepatuhan terhadap protokol kesehatan oleh para pengguna, KAI Commuter secara rutin melakukan pembersihan rangkaian kereta setelah beroperasi.

“Pembersihan juga dilakukan oleh petugas One Trip Cleaning Service selama di dalam perjalanan kereta. Hal tersebut kami lakukan sebagai upaya untuk mewujudkan perjalanan Commuter Line yang sehat, aman, dan nyaman,” tambahnya. (sur)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin