Berita Bekasi Nomor Satu

Bunda PAUD Jabar Atalia Praratya Apresiasi Pendidikan di PG-TK Al Muslim

BERINTERAKSI: Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Provinsi Jawa Barat, Atalia Praratya Ridwan Kamil, berinteraksi dengan anak-anak PG-TK Al Muslim, Kamis (15/6/2023). EKO ISKANDAR/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Provinsi Jawa Barat, Atalia Praratya Ridwan Kamil, mengapresiasi pendidikan di PG-TK Al Muslim.

Hal itu disampaikan Atalia saat mengunjungi PG-TK Al Muslim yang berlokasi di Jalan Kampung Utan Tambun Selatan Kabupaten Bekasi, Kamis (15/6/2023).

Atalia mengungkapkan, pendidikan di PAUD Al Muslim dilakukan sangat luar biasa. Anak-anak dibimbing tanpa dipaksa. Mereka belajar mempersiapkan diri masuk ke SD secara menyenangkan.

“Saya apresiasi dan mudah-mudahan PAUD Al Muslim ini mampu mendorong anak-anak kita menjadi generasi yang cerdas, sehat, dan ceria dengan cara-cara yang menyenangkan,” ungkap Atalia.

Pada kegiatan Siaran Keliling (Sarling) ini, Atalia hadir bersama rombongan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Turut mendampingi Atalia, antara lain Pj Bunda PAUD Kabupaten Bekasi, Ria Sabaria Dani Ramdan dan Kepala Bidang Pembinaan PAUD dan Pendidikan Non Formal Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi, Irawan Sari Prayitno.

BACA JUGA: Siswa SMP Al Muslim Helat Olympialmus #6

Dalam kesempatan itu, Atalia menemani anak-anak PG-TK Al Muslim mendengarkan dongeng berjudul “Mia dan Ikan Goreng” yang disampaikan oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Barat, Hermansyah.
Selain itu, Atalia juga melihat langsung kelas pembelajaran terkait transisi PAUD ke SD yang menyenangkan di kelas Utsman.

“Gerakan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan menjadi perhatian khusus kami. Jadi bagaimana anak-anak ini bisa mengikuti apa yang diharapkan seperti mereka bisa calistung (baca, tulis, dan hitung). Calistung ini bukan kewajiban masuk SD, tapi mereka belajar,” ujar Atalia.

Dikatakannya, pendidikan telah merubah segala sesuatu menjadi lebih baik. Ia mengaku sangat bangga dengan kemampuan anak-anak PG-TK Al Muslim.

“Saya lihat anak-anak di sini bahkan masih TK bisa membaca surat An Naba’, An-Nazi’at, itu kan suatu hal yang membanggakan. Saya berharap para pendidik di manapun berada termasuk orangtua selalu tidak pernah kendor untuk membimbing anak-anak menjadi generasi sukses di dunia dan akhirat,” tutupnya.

Pj Bunda PAUD Kabupaten Bekasi, Ria Sabaria Dani Ramdan, menyampaikan kedatangan Bunda PAUD membawa semangat dan energi yang sangat luar biasa bagi semua pihak.
Menurutnya, PG-TK Al Muslim merupakan lembaga pendidikan anak usia dini unggulan yang ada di wilayah Kabupaten Bekasi.

“Kurikulum PAUD Al Muslim ini sangat bagus sekali. Mudah-mudahan bisa terus ditingkatkan sehingga PAUD Al Muslim menjadi lebih berkualitas, holistik, dan integratif,” ujat Ria, dalam sambutannya.

BACA JUGA: Yayasan Al Muslim Menumbuhkan Sikap Saling Positif di Kalangan Pegawai

Menurutnya, sebagai apresiasi gerakan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan telah diwujudkan salah satunya melalui buku antologis siswa kelas 1 SD Al Muslim berjudul “Tatap Muka Pertam Harian Anak Sekolah”.

Pada kesempatan ini, dirinya menyampaikan di Kabupaten Bekasi terdapat sekitar 1.635 PAUD. Bunda PAUD terus mendorong PAUD yang berkualitas dan sarana prasarana serta peningkatan kompetensi kesejahateraan guru.

Salah satu wujud konkrit, Bunda PAUD Kabupaten Bekasi bekerjasama dengan sejumlah pihak seperti Bidang PAUD Dinas Pendidikan, Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI), Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI), akan menerbitkan Majalah Bhagasasi.

BACA JUGA: Digislamic 2.0: Selangkah Lebih Maju Menuju Customized Learning

Menurut Ria, Bhagasasi merupakan cikal bakal dari nama Bekasi. Dalam majalah ini diartikan sebagai bahan ajar guru dan anak berprestasi.

“Mudah-mudahan di tahun ajaran baru ini bisa kita distribusikan. Materi majalah ini mencakup tentang pengenalan budaya lokal Kabupaten Bekasi kepada anak-anak PAUD,” tukasnya.

Wakil Ketua I Bidang Pendidikan Yayasan Al Muslim, Firdaus Afiff, menyampaikan PG-TK Al Muslim siap menyukseskan gerakan transisi TK ke SD yang menyenangkan. Ia menegaskan, PG-TK Al Muslim tidak mengharuskan anak-anak bisa Calistung.

“Ada masa transisi itu memang kita mengenalkan keaksaraan tetapi tidak dalam bentuk pembelajaran seperti di SD. Jadi kita melalui gambar, memilih bentuk-bentuk, bermain, meronce,” ujarnya.

Menurutnya, PG-TK Al Muslim menguatkan motorik anak-anak terlebih dahulu karena mereka akan belajar menulis di SD. Menjelang masuk SD penting dipersiapkan, sehingga anak-anak tangannya sudah kuat untuk menulis, duduk lebih lama, dan mengenal simbol-simbol.

“Nanti di SD lah tugas guru mulai mengajarkan membaca. Anak B ada juga yang sudah membaca selain sudah terangsang dan memiliki motivasi keinginan lebih,” ujarnya.

Kepala PG-TK Al Muslim, Rachmasari Aulia, menyampaikan terdapat beberapa program unggulan di PG-TK Al Muslim. Yakni program Pembentukan Karakter Siswa, Syariat Islam Terpadu, Leadership Life Skill Green Education, Pembelajaran Berbasis Digital, Games Edukatif, Bahasa Asing, dan Kegiatan Literasi. (oke)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin