Berita Bekasi Nomor Satu

Investigasi Padamnya Listrik Stadion Patriot

LISTRIK PADAM: Pemain Persija berada di tengah lapangan Stadion Patriot Candrabhaga saat terjadi padam listrik ditengah jalan nya pertandingan persahabatan antara Persija Jakarta melawan Ratchaburi, Minggu (25/6). RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI.

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto meminta maaf atas insiden padamnya listrik di tengah laga Persija melawan Ratchaburi FC di Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi, Minggu (25/6) malam.

Tri mengungkapkan, peristiwa tersebut pertama dalam sejarah berdirinya Stadion Patriot Candrabhaga dalam konteks beberapa tahun kebelakang.

Kedepan, pihaknya akan melakukan evaluasi dan investigasi terkait penyebab padamnya listrik di Stadion Patriot Candrabhaga. “Ini bagian evaluasi kita dan harusnya kejadian kejadian seperti ini sudah ter antisipasi sejak awal, karena kemampuan gensetnya yang kita miliki hanya untuk di beberapa lokasi saja. Tapi untuk mendukung satu pertandingan full tidak kuat,” kata Tri Adhianto, Senin (26/6).

Hingga kemarin, pihaknya terus melakukan perbaikan dan belum mendapatkan laporan penyebab pasti terjadinya pemadaman listrik dan menunggu hasil investigasi PLN.

“Kita lihat perkembangan dari hasil investigasi PLN saja, apakah ada unsur kesengajaan atau human error atau memang ada yang sudah harus dilakukan rehabilitasi terkait dengan perbaikan,” katanya

Lanjut dia, usia Stadion Patriot saat ini memang perlu diperhatikan dan perlu ada pergantian jika memang diperlukan. “Karena kita tahu Stadion Patriot Candrabhaga juga sudah berapa tahun secara usianya yang sudah cukup lama, jadi harus ada pergantian dan lain sebagainya,” tukasnya

Terpisah, Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Bekasi, Redi Zusanto memastikan bahwa padamnya lampu di Stadion Patriot Candrabhaga Kota Bekasi pada Minggu (25/6/2023) malam, terjadi bukan akibat adanya kasus pencurian kabel.

Sebelumnya beredar kabar berantai bahwa lampu stadion Patriot Candrabhaga padam akibat adanya kasus pencurian kabel. Belakangan informasi yang dibumbui kabar tertangkapnya dua pelaku pencurian, dipastikan tidak benar atau kabar hoax.

“Pencurian kabel tidak ada. Tadi sudah kita cek, tidak ada kabel yang putus. Di lokasi ini (Stadion Patriot Candrabhaga) tidak ada,” ujar Redi yang ditemui di Stadion Patriot Candrabhaga Kota Bekasi, Senin (26/6).

Redi pada kesempatan ini mengaku sudah menjalankan semua Standar Operasional Prosedur (SOP) begitu mengetahui lampu Stadion Patriot Candrabhaga padam, saat pertandingan antara Persija menghadapi Ratchaburi FC (Thailand) baru berjalan 15 menit.

“SOP kita jalankan dengan mengecek suplai PLN. Kita cek gardu milik PLN, didapati bahwa saluran ke stadion kondisi aman. Di stadion ini kita siapkan dua suplai atau ada dua saluran ke stadion dari gardu induk (GI) Poncol Baru, jadi kalau ada satunya trouble, otomatis satunya akan memikul. Dua duanya kita cek kondisinya menyala,” ujar Redi.

SOP kedua setelah melihat dari sisi PLN aman, pihaknya lanjut Redi kemudian mengecek gardu milik pelanggan atau milik Stadion Patriot. Di sana didapati ada semacam fuse atau alat yang putus. “Ada tiga jalur kalau kabel, ada dua yang putus,” katanya.

Agar pertandingan bisa dilanjutkan, maka diputuskan untuk memakai aliran listrik dari genset milik stadion. Setelah pertandingan selesai, PLN UP3 Bekasi dan pengelola stadion, mengecek kembali gardu listrik milik Stadion Patriot. Permasalahan yang ditemukan masih sama.

“Kami nyalakan dan putus kembali. Secara teknis kesalahan ada di sisi trafo. Di hilir trafo sudah dilepas tidak ada kabel. Hanya trafo saja yang di tes, dan alat di sisi pelanggan kembali putus,” kata Redi.

Redi belum tahu secara pasti penyebab kejadian ini. Sebab semuanya harus di cek ulang dan perlu klarifikasi dari pihak stadion. “Faktornya bisa karena pemeliharaan, karena tegangan kejut bisa juga dan lain-lain, teknis itu. Belitan, trafo itu ada belitan di dalam, biasanya ada breakdown atau kerusakan,” katanya.

“Kalau untuk perbaikan, tergantung spare-nya. Kalau ada bisa cepat. Kalau di PLN hitungan jam bisa selesai, kan itu tinggal dikeluarkan dan dimasukkan kembali, disambung kabel,” kata dia.

Lebih lanjut, Redi mengatakan, walaupun penyebab padam adalah trafo dan genset internal milik Stadion yang mengalami kerusakan dan tidak cukup daya, tetapi tim PLN dengan gerak cepat tetap all-out langsung membantu penanganan kelistrikan stadion.

“Sehingga dari kondisi padam yg sempat terjadi pada 19.45 WIB, hanya dalam waktu kurang dari 2 jam, listrik kembali menyala dan pertandingan dilanjutkan pada jam 21.30,WIB” kata dia.

“Selanjutnya kami juga telah koordinasi dengan Dispora untuk meningkatkan kolaborasi kehandalan. Termasuk memberikan bantuan dukungan kepada Dispora Kota Bekasi untuk supervisi meningkatkan kehandalan di instalasi kelistrikan di stadion Patriot Candrabhaga,” bebernya.(rez)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin