Berita Bekasi Nomor Satu

PDM Muhammadiyah Sediakan 10 Lokasi Salat Idul Adha

Sembelih Kurban 29 Juni 2023

SALAT BERSAMA: Ratusan warga Muhammadiyah melaksanakan salat Idul Fitri 1444 Hijriah, di Metland Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, pada April lalu. ARIESANT/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menetapkan perayaan Idul Adha 1444 Hijriah, jatuh pada hari ini, Rabu (28/6).

Menurut Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Bekasi, Suyatman, pihaknya telah menyediakan 10 tempat yang akan dijadikan lokasi pelaksanaan salat Idul Adha se Kabupaten Bekasi.

“Alhamdulillah, kami sudah menetapkan hari raya Idul Adha 1444 Hijriah jatuh pada tanggal 28 Juni 2023, sehingga kami melaksanakan salat Idul Adha, dan persiapannya sudah matang,” kata Suyatman, saat dikonfirmasi, Selasa (27/6).

Ia menjelaskan, penambahan lokasi salat Idul Adha itu dilakukan setelah evaluasi salat Idul Fitri lalu, dimana masyarakat sangat antusias. Pihaknya juga masih membuka peluang untuk penambahan lokasi salat, apabila ada permintaan dari masyarakat.

“Lokasinya sudah nambah dua, di Sriamur dan Setu, yang mana sebelumnya di delapan titik. Kalau ada permintaan, masih memungkinkan untuk ditambah,” terang Suyatman.

Salat Idul Adha akan dimulai pada pukul 07.00 WIB, dan juga dibuka untuk masyarakat umum.

“Bagi yang ingin ikut salat Idul Adha, kami menyarankan kepada masyarakat, sudah harus siap-siap dari pagi,” imbuh Suyatman.

Dirinya juga mengimbau, agar menghormati perbedaan waktu perayaan Idul Adha antara Pemerintah dengan Muhammadiyah, sehingga tidak jadi perdebatan di masyarakat.

“Seperti biasa, perbedaan itu wajar. Mari kita sikapi dengan arif dan bijaksana. Saling menghormati dan tidak perlu saling menyalahkan. Yang penting, sama-sama salat. Jangan sampai yang teriak-teriak, malah nggak salat,” pinta Suyatman.
Sementara untuk pemotongan hewan kurban, lanjutnya, akan dilakukan pada Kamis (29/6), atau diundur satu hari, agar bersamaan dengan Pemerintah. Pihaknya telah menyediakan sebanyak 40 ekor sapi dan kambing, yang nanti dagingnya akan dibagi untuk kaum dhuafa serta masyarakat yang datang.

“Hampir semua ada pemotongan hewan, tapi kami lakukan mundur sehari untuk menghormati saudara-saudara yang merayakan di hari Kamis. Biasanya sekitar 40 sapi, kambingnya juga tidak jauh beda jumlahnya,” ucap Suyatman.

Selain itu, pihaknya juga akan mendatangi dan membagikan daging hewan kurban ke rumah-rumah warga yang tinggal di dekat lokasi pemotongan. (ris)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin