Berita Bekasi Nomor Satu

Rusia-Ukraina Saling Tukar Tahanan Perang

Rusia dan Ukraina sepakat untuk Bertukar tahanan perang. Tampak di foto tahanan perang asal Ukraina kembali berkumpul dengan keluarganya (Reuters )

RADARBEKASI.ID, RUSIA – Rusia dan Ukraina sepakat melakukan pertukaran sebanyak 45 tahanan perang dari masing-masing pihak, pada Kamis (6/7/2023).

Menurut laporan kantor berita Rusia, RIA, berdasarkan keterangan yang dirilis oleh Kementrian Pertahanan, sebanyak 45 orang Rusia telah dibebaskan dari penjara Ukraina.

Seperti dilansir dari Reuters pada Jumat (7/7/2023) Kepala Staf Kepresidenan Ukraina, Andriy Yermak, mengutarakan bahwa 45 personel layanan dan dua warga sipil telah dikembalikan ke Ukraina.

BACA JUGA: Ukraina Tolak Saran Prabowo Subianto Soal Solusi Konflik Rusia-Ukraina, Ini Alasannya

Dalam sebuah pesan yang disampaikan oleh Yermak melalui Telegram, beberapa dari mereka yang telah dibebaskan, berperang di Mariupol dan pabrik baja Azovstal, sementara sisanya bertempur di tempat lain.

“Masing-masing dari mereka adalah pahlawan,” ujar Yermak.

Sementara itu, seorang pejabat dari hak asasi manusia Ukraina, Dmytro Lubinets, mengatakan sebagian besar dari tahanan yang telah dibebaskan mengalami ‘luka serius’ dan semuanya akan direhabilitasi agar dapat pulih kembali.

BACA JUGA: Gagal Kudeta, Sembunyi di Belarusia, Pemimpin Tentara Bayaran Ini Kembali ke Rusia

Dalam keterangan terpisah, Yermak menambahkan, sebelumnya dua anak berusia enam dan 10 tahun sudah diizinkan pulang ke Ukraina setelah ibu mereka yang bekerja sebagai petugas medis militer dibebaskan pada Oktober tahun lalu.

Rusia dan Ukraina sendiri selama perang memang kerap melakukan pertukaran tahanan perang. Sebanyak 2.576 tahanan perang dari Ukraina telah dibebaskan sejak perang meletus pada Februari 2022. (jpc)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin