Berita Bekasi Nomor Satu
Bekasi  

Jajal Uji Coba LRT, Plt Wali Kota Bilang Begini

Plt Wali Kota Tri Adhianto bersama rombongan wartawan dan pejabat Pemkot Bekasi saat menjajal LRT dari Stasiun Jatimulya hingga Dukuh Atas, Senin (17/7/2023). Foto Ahmad Pairudz/Radarbekasi.id.

RADARBEKASI.ID, BEKASI TIMUR –  Plt Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto beserta para pejabat Pemkot Bekasi menjajal uji coba Light Rail Transportation (LRT) dari Stasiun Jatimulya Bekasi Timur hingga Stasiun Duku Atas DKI Jakarta, Senin (17/7/2023).

Di Kota Bekasi terdapat lima Stasiun. Jatimulya, Bekasi Barat, Cikunir 1, Cikunir 2 dan Jatibening Baru.

“Dengan adanya stasiun ini dan pengoperasian LRT pasti akan mengubah pola angkutan,” ungkap Tri Adhianto.

BACA JUGA: Pemkot Bekasi Bakal Terima Rp 38 Miliar dari 5 Stasiun LRT, Optimalkan Lagi Trans Patriot

Usai menjajal LRT, Tri Adhianto mengungkapkan sejumlah kendala akses menuju 5 stasiun LRT tersebut.

Di Stasiun Jatimulya misalnya, imbuh Tri, tantangannya stasiun berada di komplek perumahan, sehingga harus ada koordinasi yang intens terkait dengan bagaimana nanti ruang publik di sana.

“Artinya bahwa stasiun ini tidak hanya dimiliki pengembang yang ada. Tetapi harus mampu menderek kemudian membangkitkan serta merubah pola perjalanan yang ada,” ucapnya.

BACA JUGA: Uji Coba Operasional LRT ke Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi Batal, Ini Penyebabnya

Sedangkan di Stasiun Bekasi Barat, lanjut Tri, masih punya persoalan bagaimana jalur yang menuju Ahmad Yani yang berada di sisi selatan. Sementara sisi selatannya dekat apartemen masih terkendala pembebasan lahan.

“Kami terus berkomunikasi dengan Pak Menteri. Sekarang dalam proses di pengadilan. Kami berharap nanti aksesnya juga akan lebih mudah jika kendala lahan sudah teratasi,” ujarnya.

Khusus di Stasiun Cikunir 2, tambahnya, masih ada persoalan dimana akses disana masih banyak yang belum terselesaikan karena masih banyak bangunan liar.

BACA JUGA: Baru Terhubung Dua Stasiun, Dukungan Armada Transpatriot Jelang Operasional LRT

Sementara di Stasiun Cikunir 1, sambung Tri Adhianto, masalahnya ada jalan tanjakan yang sangat curam sehingga jalannya itu cuman 5-6 meter. Sehingga untuk masuk TransPatriot ini akan menjadi terkendala tersendiri.

“Rasanya harus kerja keras menuntaskan kendala-kendala yang ada. Walaupun ada peresmian nanti di bulan Agustus,” tandasnya. (pay).


Solverwp- WordPress Theme and Plugin