Berita Bekasi Nomor Satu

Sekolah Lebih Siap Hadapi ANBK

ILUSTRASI: Sejumlah siswa SMAN 8 Kota Bekasi saat mengikuti simulasi ANBK 2023. Pada tahun ini, sekolah lebih siap dalam menghadapi ANBK. ISTIMEWA

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Tahun ketiga pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) telah tiba. Kini, berbagai tingkat pendidikan di Kota Bekasi tengah sibuk mempersiapkan pelaksanaan ANBK 2023.

Pada tahun ini, sekolah lebih siap dalam menghadapi pelaksanaan bagian dari proses pemetaan mutu sistem pendidikan tersebut. Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMAN 8 Kota Bekasi, Istiyo Wahyuni, berbagi informasi terbaru mengenai progres simulasi ANBK yang baru saja berlangsung.

“Untuk simulasi sudah dilaksanakan pada awal Agustus. Saat ini kami sedang menyiapkan pelaksanaan ANBK nya,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Kamis (10/8).

Simulasi ANBK yang diikuti oleh kelas XI tersebut dilaksanakan pada 1 sampai 3 Agustus 2023.

Selanjutnya, pihak sekolah akan melakukan sinkronisasi gladi resik pelaksanaan ANBK yang diagendakan pada 21-24 Agustus 2023. Sedangkan ANBK dijadwalkan pada 28-31 Agustus 2023.

BACA JUGA: 563 Sekolah Gelar ANBK secara Mandiri

Pihak sekolah dengan tegas menyatakan kesiapannya menghadapi pelaksanaan ANBK 2023. “Di tahun ketiga ini kami lebih siap baik dari segi sarana prasarana maupun kesiapan gurunya,” ucapnya.

Namun demikian, tantangan terkait jaringan masih menjadi perhatian khusus, yang kadang-kadang terjadi saat pelaksanaan simulasi. Beberapa kasus seperti server down pernah terjadi.

“Kendalanya paling jaringan kadang suka tiba-tiba ngedown atau tidak stabil,” tuturnya.

Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas SMPN 29 Kota Bekasi, Nining, menyampaikan mengenai rencana simulasi pelaksanaan ANBK di tingkat SMP.

“Untuk tingkat SMP simulasi ANBK dilaksanakan pada September, karena memang untuk jadwalnya SMA dan SMK lebih awal,” terangnya.

Saat ini, sekolah tengah bekerja keras mempersiapkan segala sarana, prasarana, serta berbagai hal yang diperlukan untuk pelaksanaan simulasi. Namun, persiapan siswa juga tidak ketinggalan.

“Untuk saat ini kami sedang melakukan persiapan sarana dan prasarana serta siswanya,” tuturnya.

Pelaksanaan ANBK pada tingkat SMP akan melibatkan siswa kelas 8. Dengan mempertimbangkan pengalaman pelaksanaan ANBK yang telah berlangsung selama tiga tahun, persiapan kesiapan ANBK pada tingkat SMP dinilai lebih lancar.

“Intinya kami sekolah sudah cukup paham baik dari kesiapan dan pelaksanaannya,” pungkasnya. (dew)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Solverwp- WordPress Theme and Plugin