Berita Bekasi Nomor Satu

SMA Siapkan Siswa Kelas XII untuk Memasuki PTN Giatkan Kegiatan Try Out

ILUSTRASI: Sejumlah siswa SMAN 8 Kota Bekasi saat mengikuti gladi resik ANBK, belum lama ini. DEWI WARDAH/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – SMA di Kota Bekasi sedang aktif mempersiapkan kelulusan bagi siswa kelas XII, khususnya dalam memasuki Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Berbagai langkah telah diambil untuk memastikan siswa memiliki persiapan yang matang dan memadai.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMAN 8 Kota Bekasi, Istiyo Wahyuni, menjelaskan bahwa saat ini para siswa kelas XII tengah disibukkan dengan kegiatan belajar dan try out.

“Saat ini selain sedang disibukan dengan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), siswa juga sedang disibukan dengan kegiatan try out,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Senin (21/8).

Sekolah merencanakan 5-7 kali kegiatan try out yang akan diadakan baik secara mandiri maupun melalui lembaga di luar sekolah. Fokus sekolah tidak hanya pada kelulusan siswa, tetapi juga pada upaya untuk membantu siswa masuk ke perguruan tinggi yang diinginkan.

“Fokus kami selain meluluskan siswa adalah bagaimana siswa bisa masuk perguruan tinggi yang diinginkan, jadi untuk kesiapannya memang sudah dilakukan saat ini,” ucapnya.

Kegiatan try out memiliki tujuan untuk membantu siswa mengasah kemampuan dan mengenali jenis-jenis soal yang mungkin muncul dalam ujian dan seleksi PTN.

Istiyo mengatakan bahwa saat ini soal-soal dalam Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) tidak hanya berfokus pada mata pelajaran, tetapi juga pada literasi dan numerasi.

“Kegiatan try out sebenarnya dilakukan untuk mempermudah siswa dalam mengenali soal-soal scholastik, dimana saat ini soal-soal SNBT bukan lagi berbasis mapel tapi lebih kepada literasi dan numerasi,” terangnya.

BACA JUGA: Distribusi Guru di SMA-SMK Bekasi Belum Merata  

Saat ini, sekolah sedang menyusun jadwal untuk kegiatan try out pertama yang dijadwalkan akan dilaksanakan pada semester pertama. Kegiatan tryout ini akan mempersiapkan siswa menghadapi soal-soal dengan jenis Higher Order Thinking Skills (HOTS) dan Lower Order Thinking Skills (LOTS).

“Sedang disusun jadwalnya untuk kegiatan try out pertama, yang pasti kami akan lakukan di semester pertama ini,” ucapnya.

Sementara, Kepala SMA Tulus Bhakti (TB) Kota Bekasi, Margo Cahyono,  juga menegaskan pentingnya kegiatan try out dalam mempersiapkan siswa untuk ujian perguruan tinggi.

“Kegiatan try out masih menjadi bagian terpenting, kalau dahulu dilakukan agar siswa terbiasa dalam pelaksanaan Ujian Nasional (UN). Saat ini lebih kepada memberikan kemudahan siswa dalam masuk perguruan tinggi, atau ujian kelulusan nanti,” terangnya.

Kegiatan try out dijadikan sebagai media pembiasaan siswa, membantu mereka mengenali berbagai jenis soal serta meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) dan tingkat rendah (LOTS). Selain itu, kegiatan ini juga membantu sekolah mengidentifikasi materi yang perlu diperkuat dalam proses pembelajaran.

“Kami bisa mengetahui kelemahan materi yang belum dikuasai siswa. Sehingga kami bisa fokus dengan penguatan materi yang dirasa masih belum dikuasai siswa tersebut,” jelasnya.

Kegiatan try out direncanakan akan dilaksanakan sebanyak tiga kali di SMA tersebut, dimulai pada semester II mendatang.  “Saat ini kami siapkan dahulu jadwalnya, jadi saat memasuki semester II sudah tinggal melaksanakannya saja,” pungkasnya. (dew)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin