Berita Bekasi Nomor Satu

Disperkimtan Bersama TNI-Polri Bedah Rumah

Sambut Hari Jadi Polwan ke-75

ASIK BERBINCANG : Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) Kabupaten Bekasi, Nurchaidir bersama Wakapolres Metro Bekasi, AKBP Sumarni, asik berbincang dengan Ibu Kamah, penerima manfaat program Rutilahu, di Kampung Bangkuang, Desa Cibatu, Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi, Rabu (30/8). ARIESANT/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi melalui Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimtan), bekerjasama dengan TNI-Polri untuk pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) menjadi layak.

Kepala Disperkimtan Kabupaten Bekasi, Nurchaidir mengungkapkan, adanya kerjasama dengan unsur TNI-Polri, sebagai bentuk sinergi untuk kepentingan masyarakat di Kabupaten Bekasi.

Setidaknya, hal ini juga dapat menjaga kondusifitas wilayah dalam pembangunan Rutilahu.

“Kami berupaya mengedepankan kekompakan dengan berbagai pihak, untuk melakukan pembangunan demi kepentingan masyarakat,” ucapnya.

Chaidir menjelaskan, dalam pembangunan Rutilahu ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi penerima manfaat (warga) yang akan dibangun rumahnya. Diantaranya, dasar tanah milik atas nama sendiri (penerima manfaat), kondisi rumah sudah tidak layak, dan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

“Itu semua ada kriterianya. Jangan sampai kami melakukan perbaikan rumah di tanah negara atau bukan milik sendiri,” kata Chaidir.

Selain pembangunan Rutilahu, pihaknya juga ada pembangunan untuk program Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Setempat (SPALDS).

Menurutnya, untuk pembangunan Rutilahu sebanyak 2.500 titik, yang tersebar di sejumlah desa dan kecamatan di Kabupaten Bekasi. Lalu untuk SPALDS, ada 680 titik yang tersebar di 24 desa dan 12 kecamatan.

“Jadi, tujuan kami untuk dua program tersebut, seperti Rutilahu, demi menekan angka kemiskinan ekstrim, dan SPALDS, untuk menekan angka stunting,” terang Chaidir.

Sementara Wakapolres Metro Bekasi, AKBP Sumarni, yang meresmikan Rutilahu dalam rangka menyambut Hari Jadi Polisi Wanita (Polwan) ke-75, di Kampung Bangkuang, RT/RW 07/04, Desa Cibatu.

“Hari ini (kemarin, Red) kami resmikan Rutilahu salah satu warga Desa Cibatu,” beber Sumarni.

Ia menilai, semangat gotong royong dan kepedulian terhadap sesama adalah bentuk nyata dari tekad Polri, dalam hal ini Polwan bersama Pemkab Bekasi dan stakeholder terkait lainnya, untuk membantu mengatasi masalah sosial di masyarakat.

“Semoga kegiatan sosial ini dapat memberikan sedikit kebahagian untuk Ibu Kamah,” tukasnya.

Sumarni mengungkapkan, kami juga ingin menyampaikan terima kasih secara tulus kepada semua pihak terkait, yang turut serta membantu berkontribusi dalam renovasi rumah ini.

“Terimakasih atas dedikasinya, untuk membantu Rutilahu Ibu Kamah ini,” tutup Sumarni. (and)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin