Berita Bekasi Nomor Satu

Perbaikan Jalan Kalimalang Tunggu Pusat

ILUSTRASI: Sejumlah pengendara melintas di Jalan KH. Noer Ali, Jalan Kalimalang sisi Utara, Bekasi Selatan, Kota Bekasi. Perbaikan jalan tersebut menunggu respon Kementerian PUPR. RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Perbaikan Jalan KH Noer Ali, sisi utara Kalimalang, sudah diajukan Pemerintah Kota Bekasi melalui Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Bekasi kepada Kementerian PUPR.

Hingga saat ini rencana perbaikan itu masih menunggu respon Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian PUPR.

Plt Sub Koordinator Pemeliharaan Jalan pada DBMSDA Kota Bekasi, Ridwan Muarief menyampaikan, bahwa perbaikan jalan tersebut sudah diajukan kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sejak tahun 2022 lalu.

“Sejak tahun lalu melalui Wali Kota Bekasi proses perbaikan jalan ini sebenarnya sudah kami ajukan,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Senin (25/9).

Dimana pada 4 September 2023 dari pihak kementerian PUPR telah menindaklanjuti surat pengajuan tersebut, dengan dilakukannya tinjauan lokasi secara langsung.

“Jadi awal bulan kemarin sudah dilakukan langkah awal yaitu proses tinjauan lokasi secara langsung dari pihak Kementerian PUPR,” jelasnya.

Sejauh ini kondisi jalan sisi utara Kalimalang memang mengalami kerusakan cukup parah, dan membahayakan pengendara. Terlebih jalur tersebut merupakan akses warga Bekasi menuju Jakarta dan sebaliknya.

“Selain banyaknya aduan masyarakat jalan sisi utara itu memang sudah banyak yang tidak rata,” tuturnya.

Sementara usulan yang disampaikan Pemkot Bekasi, perbaikan jalan dengan panjang 5,4 kilometer dengan metode pengaspalan. “Luas jalan yang akan kita ajukan untuk diperbaiki itu sekitar 5,4 kilometer, rencananya akan dilakukan pengaspalan jalan,” jelasnya.

Namun pihak DBMSDA Kota Bekasi hingga kini belum mengetahui, berapa luas jalan yang kemungkinan akan disetujui oleh Kementerian PUPR untuk diperbaiki. “Itu yang kami ajukan dan kami belum tau berapa luas yang di acc untuk dilakukan perbaikan oleh pihak kementerian PUPR,” terangnya.

Sementara untuk luas jalan yang diajukan untuk diperbaiki, pihak DBMSDA mengusulkan anggaran sebesar Rp 25 miliar. “Ajuannya sekitar Rp 25 miliar,” ucapnya.

Lebih lanjut, pihak DBMSDA Kota Bekasi berharap pihak Kementerian PUPR bisa merespon cepat, terkait perbaikan jalan di sisi Utara Jalan Kalimalang.

“Kita mau nya di ACC dengan cepat tapi kami hanya bisa menunggu putusan dari pihak kementerian, mengingat volume kendaraan di wilayah tersebut cukup besar apalagi saat di jam sibuk,” pungkasnya.

Diketahui sebelumnya, kondisi jalan yang rusak juga sempat memakan korban jiwa. Pengendara sepeda motor tewas mengalami kecelakaan saat melintasi jalan berlubang di Jalan KH Noer Ali, Kalimalang, Bekasi Barat, Kota Bekasi, Kamis (11/5).

Kanit Gakkum Satlantas Polres Metro Bekasi Kota, Iptu Dwi Budi mengatakan, kecelakaan akibat jalan berlubang itu berawal saat motor Suzuki bernopol B-6732-KUX yang dikendarai AB (35) melaju dari arah Barat, Jatiwaringin, Pondokgede menuju Bekasi Timur sekitar 06.20.

“Korban berangkat kerja dari Pondokgede menuju ke arah Timur PT Panin Bank KCP II, namun setiba di tempat kejadian perkara, ban kendaraan motor tergelincir dikarenakan permukaan jalan yang tidak rata sehingga kendaraan terjatuh,”kata Dwi melalui keterangan tertulis, Kamis (11/5)

Usai terjatuh bagian kanan korban terbentur aspal, lalu datang kendaraan yang tidak dikenal menabrak tubuh korban hingga mengenai bagian kepala

“Akibat yg ditimbulkan dari kejadian tersebut pengendara sepeda motor B-6732-KUX mengalami luka-luka dan meninggal dunia ditempat dan sepeda motor mengalami kerusakan,” ucap dia.(dew/rez)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin