Berita Bekasi Nomor Satu

Target Melayani Masyarakat Lebih Luas

KOMPAK: Tim UPTD Puskesmas Harapan Mulya saat jalani akreditasi.

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Setelah menjalani akreditasi perdana pada 24, 26, dan 27 Oktober kemarin, UPTD Puskesmas Harapan Mulya pasang target mendapatkan nilai terbaik, meraih predikat paripurna. Lebih dari itu, Puskesmas yang masih berusia 2,5 tahun ini bisa melayani lebih banyak masyarakat dengan menjalin kerjasama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Akreditasi Puskesmas belum lama ini mendapat dukungan dari berbagai pihak, diantaranya Pj Wali Kota Bekasi, pimpinan Dinas Kesehatan (Dinkes), Camat, lurah, serta berbagai pihak di lingkungan Kelurahan Harapan Mulya. Hari pertama akreditasi dilaksanakan secara daring, pada tanggal 24 Oktober mulai pukul 08:00 WIB hingga pukul 16:30 WIB.

Dilanjutkan pada hari kedua dan ketiga secara luring, surveyor datang langsung ke Puskesmas, berlangsung mulai pukul 08:00 WIB sampai pukul 16:00 WIB. Kegiatan di luar ruangan berlangsung di Posyandu Flamboyan 2, RW 05, Kelurahan Harapan Mulya, Kecamatan Medansatria.

Diketahui, Posyandu Flamboyan adalah salah satu Posyandu yang cukup aktif, memiliki kunjungan balita cukup tinggi, memiliki pencatatan dan pelaporan lengkap, juga memiliki kader Posyandu yang sudah terlatih.

Kepala UPTD Puskesmas Harapan Mulya, Arie Rahayu Udhani mengatakan bahwa selama ini lingkungan maupun pemangku jabatan lintas sektor sangat mendukung berbagai kegiatan Puskesmas.

“Alhamdulillah secara umum baik (dukungan dari lingkungan dan lintas sektor), mereka semua pimpinan lintas sektor mendukung kegiatan yang ada di Puskesmas Harapan Mulya,” ungkapnya, Selasa (31/10).

Pada saat sesi wawancara lintas sektor di hari ketiga pun, seluruhnya hadir. Diantaranya Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bekasi beserta dengan sekertaris, Camat Medansatria, Lurah Harapan Mulya, ketua PKK kelurahan, Babinsa, Bimaspol, Tokoh Masyarakat, Karang Taruna, hingga Tim Pembina Cluster Binaan (TPCB) 1.

Secara umum, akreditasi berjalan dengan baik meskipun kemarin adalah pertama kalinya UPTD Puskesmas Harapan Mulya melaksanakan akreditasi.

“Kita hanya ada beberapa perbaikan dokumen, kalau untuk tata graha kita sudah oke, tidak ada perbaikan. Ruangan, peralatan, ambulance Alhamdulillah oke,” ucapnya.

Lebih lanjut, Arie mengatakan bahwa pihaknya menargetkan hasil terbaik dalam akreditasi tersebut. Dengan nilai dan predikat yang didapat nanti, pihaknya berkomitmen untuk tetap menjalankan pelayanan Puskesmas secara maksimal, dengan meningkatkan mutu dan keselamatan pasien.

Puskesmas Harapan Mulya adalah salah satu Puskesmas baru di Kota Bekasi, berdiri pada 26 April 2021. Saat ini, Puskesmas Harapan Mulya belum bekerjasama dengan BPJS, masyarakat di wilayah Kelurahan Harapan Mulya yang telah memiliki BPJS Kesehatan selama ini mendapatkan layanan kesehatan di Puskesmas lain yang ada disekitar Harapan Mulya.

“Jadi mudah-mudahan dengan terakreditasi Puskesmas Harapan Mulya nanti bisa MoU dengan BPJS. Sehingga masyarakat yang punya BPJS bisa ke Puskesmas Harapan Mulya,” tambahnya. (ADV/sur)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin