Berita Bekasi Nomor Satu

Guru BK Buka Layanan Konsultasi untuk Siswa yang Ingin Lanjut Kuliah

ILUSTRASI: Sejumlah siswa SMAN 6 Tambun Selatan beraktivitas di halaman sekolah. Guru Bimbingan Konseling (BK) SMA dan SMK membuka layanan konsultasi bagi siswa kelas XII yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi. DEWI WARDAH/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Guru Bimbingan Konseling (BK) SMA dan SMK di Kota Bekasi membuka layanan konsultasi bagi siswa kelas XII yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi.

“Untuk mereka siswa kelas XII, yang berniat melanjutkan ke perguruan tinggi, tapi bingung memilih jurusan, bisa konsultasi kepada guru BK masing-masing,” ujar Ketua Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK) SMK Kota Bekasi, Heri Purnomo, kepada Radar Bekasi, Rabu (1/11/2023).

Heri mengungkapkan, bimbingan sangat penting bagi siswa yang berencana melanjutkan ke perguruan tinggi. Tujuannya agar mereka tidak keliru dalam memilih institusi perguruan tinggi maupun jurusan.

BACA JUGA: Guru BK di Bekasi Resah Gara-gara Pernyataan Anggota DPR

“Bimbingan karier itu sangat dibutuhkan, apalagi bagi siswa yang memutuskan untuk melanjutkan kuliah agar dalam hal ini tidak salah dalam memilih jurusan,” tuturnya.

Menurut Heri, bimbingan dapat dilakukan oleh siswa setiap hari selama jam sekolah. Mereka memiliki fleksibilitas untuk menentukan waktu bimbingan, baik secara individu maupun berkelompok dengan teman-temannya.

“Waktunya bisa ditentukan sendiri atau berkelompok dengan teman-teman yang lain,” ucapnya.

Saat ini, sejumlah pihak sekolah juga telah mendistribusikan kuesioner kepada peserta didik. Kuisioner berisi pertanyaan mengenai keinginan melanjutkan ke perguruan tinggi.

“Kuisioner seputar pertanyaan, apakah ingin melanjutkan atau tidak. Sudah mulai kami sebarkan, sehingga melalui kuesioner itu kami bisa tahu siapa-siapa saja yang ingin melanjutkan,” ucapnya.

Hal senada disampaikan Ketua Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK) SMA Kota Bekasi, Misludin. Ia mengatakan, sekolah sudah membuka ruang bimbingan bagi siswa kelas XII.

“Sudah kami buka dan biasanya mereka yang berniat untuk melanjutkan, mulai melakukan konsultasi jauh-jauh hari,” terangnya.

Misludin menyampaikan bahwa saat ini siswa yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi perlu meningkatkan kemampuannya. Ini dapat dilakukan dengan memberikan masukan dan motivasi kepada mereka.

“Kami dari Guru BK memiliki tugas untuk membantu siswa memilih dan membantu dalam menentukan pilihannya, dengan cara melakukan konsultasi, terkait minat dan bakat mereka,” tandasnya. (dew)

 

 


Solverwp- WordPress Theme and Plugin