Berita Bekasi Nomor Satu

Pj Wali Kota Bekasi: Kualitas SDM yang Menangani SIPD Musti Terus Dikembangkan  

Penjabat (Pj) Wali Kota Bekasi, Gani Muhamad, foto bersama dengan aparatur Pemkot Bekasi. FOTO: HUMAS PEMKOT BEKASI  

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Penjabat (Pj) Wali Kota Bekasi, Gani Muhamad, menghadiri sekaligus membuka Pembinaan Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) bagi aparatur di lingkungan Pemerintah Kota Bekasi. Kegiatan ini berlangsung di Aula Green Forest Kota Bandung,  Rabu (8/11/2023).

Pembinaan SIPD digelar oleh Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian (Bappelitbangda) Kota Bekasi dalam rangka meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada untuk mendukung penginputan data pada SIPD dengan data yang valid dalam perencanaan dan pemetaan pembangunan daerah. 

 

Terlebih lagi, SIPD berperan dalam menyediakan informasi kepada masyarakat terhadap penyelenggaraan pemerintahan daerah sehingga menghasilkan layanan informasi pemerintahan daerah yang saling terhubung atau terintegrasi serta meningkatkan tata kelola pemerintahan yang akuntabel dan efisien.

 

Maka dari itu, menurut Pj Wali Kota Bekasi Gani Muhamad, kualitas para SDM yang menangani SIPD musti terus dikembangkan serta ditingkatkan melalui berbagai metode dan  difasilitasi dengan maksimal.

 

“Adanya SIPD merupakan sebuah bentuk efisiensi dalam proses perencanaan dan penganggaran, serta pengawasan terhadap pelaksanaannya, sehingga semua SDM yang menangani penginputan SIPD dapat memantapkan pengetahuan dan kemampuannya sebagai bagian dari upaya mendorong pengelolaan keuangan daerah yang semakin efisien, akuntabel, dan transparan,” ujar Gani  dalam sambutannya.

 

Gani  pun berharap, “Peserta dapat memahami, mengimplementasikan penggunaan  aplikasi SIPD  ini dengan sepenuhnya dan sebaik-baiknya demi terwujudnya konsistensi antara dokumen perencanaan, penganggaran, penatausahaan dan akuntansi pelaporan,” imbuhnya. 

Sebagai informasi tambahan, jumlah peserta pembinaan tersebut sebanyak 130 orang yang membidangi perencanaan, penganggaran, dan penatausahaan di lingkup Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kota Bekasi. (adv/humas)

 


Solverwp- WordPress Theme and Plugin