Berita Bekasi Nomor Satu

Pj Bupati Ajak Tumbuhkan Semangat Pahlawan

SAMBUTAN: Pj Bupati Bekasi, Dani Ramdan, memberikan sambutan saat upacara peringatan Hari Pahlawan ke-78 Tingkat Kabupaten Bekasi 2023 di Plaza Pemda Cikarang Pusat, Jumat (10/11). ISTIMEWA

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Pemerintah Kabupaten Bekasi menggelar upacara peringatan Hari Pahlawan ke-78 Tingkat Kabupaten Bekasi 2023 di Plaza Pemda Cikarang Pusat, Jumat (10/11).

Penjabat (Pj) Bupati Bekasi, Dani Ramdan, mengingatkan masyarakat untuk merenungkan kembali jasa para pahlawan. Menurutnya, bangsa yang besar adalah yang tahu menghargai pengorbanan para pahlawannya. Ia juga menekankan warisan nilai-nilai seperti rela berkorban, ikhlas, dan semangat pantang menyerah yang dimiliki oleh para pahlawan.

Kemudian, Dani juga berpesan kepada seluruh yang hadir serta generasi muda untuk dapat menumbuhkan semangat juang sebagaimana yang telah dilakukan oleh para pahlawan.

Guna melanjutkan semangat kemerdekaan, momentum Hari Pahlawan juga dijadikan tempat untuk mengevaluasi diri apakah telah mewarisi nilai tersebut dan menjalankannya sesuai dengan harapan para pahlawan.

“Setiap peringatan Hari Pahlawan paling tidak ada tiga tujuan. Pertama mengenang jasa-jasa pahlawan, kedua kita perlu mewarisi semangat rela berkorban, ikhlas, semangat tanpa putus asa. Ketiga, tentu untuk mengevaluasi kita apakah dalam menjalankan nilai tersebut sudah dalam progres,” tuturnya.

Dani memberikan pesan kepada generasi muda agar maksimalkan potensi di berbagai bidang untuk mewujudkan nilai-nilai pahlawan dan menjadi pahlawan versi diri masing-masing. Menurutnya, menjadi pahlawan tak hanya sebatas mengangkat senjata, melainkan juga melibatkan perjuangan melawan kebodohan, kemiskinan, dan komitmen untuk berjuang keras.

“Bagi anak muda banyak sekali ruang bidang yang bisa diekspresikan untuk mewujudkan nilai-nilai pahlawan. Anak muda pun bisa jadi pahlawan di komunitasnya, maupun bagi bangsa dan negara,” pesannya.

Sementara itu, salah satu upaya Pemkab Bekasi dalam memerangi kebodohan, yaitu dengan mengajak seluruh masyarakat khususnya generasi muda untuk menuntaskan pendidikan hingga 12 tahun, atau hingga tahap Sekolah Menengah Atas/setara. Dengan dasar pendidikan selama 12 tahun tersebut, kompetensi karakter anak akan semakin terbentuk sehingga menjadikan generasi yang lebih baik lagi.

“Saya mengajak seluruh masyarakat khususnya generasi muda bagaimana memastikan dan mendorong supaya minimal pendidikan sampai SMA, SMK, atau Madrasah Aliyah, syukur jika bisa lanjutkan ke Perguruan Tinggi. Dengan dasar pendidikan 12 tahun maka kompetensi karakter itu semakin terbentuk dengan baik,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, juga dilaksanakan simbolis pemberian Penghargaan Satya Lencana Karya Satya, penyerahan bantuan sembako kepada veteran Republik Indonesia, serta penyerahan Piala Juara Terbaik II Kategori Kampanye Komunikasi Publik Anugerah Media Humas dari Diskominfosantik Kabupaten Bekasi kepada Pj. Bupati Bekasi, yang kemudian dilanjutkan dengan mengenang jasa pahlawan KH Noer Ali dengan melihat fotonya.

Turut hadir unsur Forkopimda Kabupaten Bekasi, Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bekasi, Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemkab Bekasi, veteran Republik Indonesia, serta tokoh masyarakat. (and/adv)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin