Berita Bekasi Nomor Satu

Kocak, Israel Klaim Air Hujan Miliknya, Warga Palestina Dilarang Mengumpulkan

Ilustrasi Kota Gaza diguyur hujan. (X @Abdillahonim )

RADARBEKASI.ID, ISRAEL – Kocak, Israel klaim air hujan sebagai milik bangsa Israel. Mereka melarang warga PAlestina mengumpulkan air hujan tersebut.

Berdasarkan laporan PBB pada 2011 silam, Pemerintah Israel melakukan klaim terhadap hujan dan melarang warga Palestina mengumpulkan air hujan untuk kebutuhan sehari-hari dan pertanian. Laporan tersebut dikerjakan oleh Emergency Water Sanitation and Hygiene Group (EWASH) untuk PBB.

Laporan yang disampaikan ke Komite Hak Ekonomi, Sosial dan Budaya dilakukan karena kurangnya kepatuhan Israel terhadap Kovenan Internasional tentang Hak Ekonomi, Sosial dan Budaya dalam hal hak asasi manusia atas air dan sanitasi.

BACA JUGA: Miliaran Rupiah dari Bekasi untuk Palestina

Israel mengambil alih dan menegaskan kendali sumber daya air dan tanah di Palestina dengan menghalangi warga Palestina untuk mengakses sumber daya mereka sendiri. Pelanggaran hak tersebut dilakukan Israel di Tepi Barat Palestina, Yerusalem Timur, dan Jalur Gaza sejak tahun 2011.

Pelanggaran di Tepi Barat dilakukan Israel dengan secara aktif mencegah pembangunan dan pemeliharaan infrastruktur air dan sanitasi. Pembangunan apa pun yang dibangun tanpa izin Israel akan berisiko dibongkar dan pemindahan paksa oleh otoritas Israel.

Akibatnya, sebanyak 13.000 warga Palestina di Tepi Barat berisiko tinggi terancam kelangkaan air, dan 300.000 penduduk lainnya berisiko sedang. Sedangkan di Yerusalem Timur, Israel tidak mengizinkan lebih dari setengah penduduk Palestina yakni sekitar 160.000 orang untuk terhubung ke jaringan air.

BACA JUGA: Ribuan Massa Aksi Bekasi Peduli Palestina Padati Kawasan Jababeka dan Stadion Wibawa Mukti

Sementara di Jalur Gaza, Israel telah menghancurkan sebanyak 224 sumber air sejak 2000 hingga 2006. Infrastruktur dan sanitasi air di Jalur Gaza juga kerap menjadi target utama penghancuran oleh Israel.

Semakin tak masuk akalnya keputusan Israel tersebut rupanya mengundang beragam komentar dari netizen yang ikut tersulut emosi.

“Ini beneran?? Kenapa nggak sekalian matahari juga diklaim jadi punya mereka aja ????,” komentar akun X @arasoonja.

“Maksudnya gimana sih? Air hujan dari alam, berarti lu yang punya alam dan seisinya? Pengen tak hiiihhh!!!,” komentar akun X @Rickyz3r0.

“Puncak komedi,” komentar akun X @stawberyku. (jpc)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin