Berita Bekasi Nomor Satu

Aplikasi Bebunge Versi Dua Permudah Peroleh Informasi hingga Akses Layanan Publik

LUNCURKAN APLIKASI: Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan bersama perwakilan Forkopimda meluncurkan aplikasi Bebunge versi dua di Hotel Holiday Inn Cikarang Selatan, Rabu (29/11). ARIESANT/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfosantik) meluncurkan aplikasi Bebunge (Bekasi Nyambung Bae) versi dua.

Aplikasi tersebut berfungsi sebagai layanan satu pintu untuk memperoleh informasi, menyampaikan aspirasi, dan mengakses layanan publik di Kabupaten Bekasi.

Penjabat (Pj) Bupati Bekasi, Dani Ramdan, mengatakan aplikasi Bebunge versi terbaru ini merupakan wadah dari aplikasi pengaduan dari berbagai perangkat daerah, kecamatan, desa dan instansi lainnya. Tujuannya untuk memudahkan masyarakat hanya dengan memiliki satu aplikasi agar bisa mengakses informasi dan menyampaikan keluhannya.

“Masyarakat Kabupaten Bekasi cukup mendownload satu aplikasi saja biar bisa mengakses pelayanan dinas-dinas baik yang sifatnya informasi, pelayanan administrasi, perizinan, pembayaran pajak, dan sebagainya itu dari Bebunge saja,” ungkap Dani, saat menghadiri IKP Festival 2023 di Hotel Holiday Inn, Cikarang Selatan, Rabu (29/11).

Ke depannya, Dani menargetkan agar pelayanan PPDB tahun mendatang dapat diakses melalui aplikasi Bebunge ini tanpa harus datang ke sekolah menggunakan komputer, melainkan hanya dengan smartphone.

“Saat ini yang berjalan efektif memang di Dinas Tenaga Kerja untuk pendaftaran pencari kerja kartu kuning. Lalu besok ketika PPDB bisa melalui Bebunge, jadi tidak harus buka komputer atau laptop di sekolah tapi masyarakat bisa di rumah dengan smartphonenya,” tuturnya.

Dani menambahkan, berdasarkan survei Diskominfosantik Kabupaten Bekasi, Pemkab Bekasi telah memiliki ratusan aplikasi. Namun terdapat beberapa yang sudah tidak aktif. Pada 2024, pihaknya akan menginventarisir ratusan aplikasi tersebut.

“Setiap bulan lahir aplikasi baru. nanti kita akan lakukan pengecekan verifikasi. Penyebabnya aplikasi itu lahir semua proyek perubahan eselon 4, 3, 2 yang online ya digital. kalau yang kiranya sudah tidak aktif kita tutup,” ucap Dani. Pada tahun depan, Dani mewajibkan seluruh perangkat daerah untuk menggabungkan aplikasi layanan digitalnya di aplikasi Bebunge. (ris)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin