Berita Bekasi Nomor Satu

Roadshow Dengarkan Keluh Kesah Warga, Elit Partai NasDem ”Sapa Warga” Bekasi

BARENG WARGA: Caleg DPRD Provinsi Dapil Jabar IX Kabupaten Bekasi, Siti Qomariyah (kedua kanan), bersama Ketua DPW Partai NasDem Jawa Barat, Saan Mustopa (kiri), dan Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Bekasi, Marjaya Sargan (ketiga dari kiri), saat melakukan kegiatan 'Sapa Warga' di wilayah Babelan. KARSIM PRATAMA/RADAR BEKASI  

RADARBEKASI.ID, BEKASI Program roadshow ”Sapa Warga” berisikan agenda dialog atau diskusi langsung dengan warga dilaksanakan di masa kampanye oleh Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasional Demokrat (NasDem) Jawa Barat bersama kader di Kabupaten Bekasi.

Kegiatan tersebut dikomandoi langsung oleh Ketua DPW Jawa Barat, Saan Mustopa. Politikus yang juga mengemban jabatan sebagai Anggota DPR RI ini, mendengarkan langsung keluh-kesah warga Bekasi.

“Kegiatan sapa warga dalam masa kampanye ini untuk bisa mengerti, memahami, serta mengetahui kondisi masyarakat dan sebagainya. Sekaligus memperkenalkan diri saya ke masyarakat yang ada disana,” ujar Saan Mustopa, kepada Radar Bekasi usai kegiatan, Sabtu (2/12/2023).

Rencananya, kegiatan ‘Sapa Warga’ ini akan dilakukan selama enam hari di Kabupaten Bekasi, dengan sasaran atau lokasinya setiap hari sebanyak lima sampai enam titik. Mulai dari pagi sampai malam hari. Pada hari pertama kegiatan ”Sapa Warga” yang berlangsung di wilayah Kecamatan Babelan dan Tarumajaya.

Saan didampingi oleh Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Bekasi, Marjaya Sargan dan Calon Legislatif (Caleg) DPRD Provinsi Dapil Jabar IX, Siti Qomariyah atau yang akrab disapa Siqom.

Sebenarnya kata Saan, kegiatan turun langsung ke masyarakat sudah dilakukan sebelum-sebelumnya. Seperti dua hari yang lalu di wilayah Kecamatan Tambun Selatan, tepatnya di Kelurahan Jatimulya, dirinya bersama Caleg DPRD Provinsi Dapil Jabar IX, Siti Qomariyah dan Caleg DPRD Kabupaten Bekasi, Endang Suherman, mengadakan pelatihan pembuatan roti, sekaligus berdialog dengan masyarakat.

Namun untuk kegiatan secara resmi yang dikemas ke dalam ”Sapa Warga” ini, kunjungannya ke wilayah Kecamatan Tarumajaya dan Babelan, menjadi pembuka atau yang pertama.

“Saya mulai hari ini di Kabupaten Bekasi selama enam hari kedepan. Kegiatannya dari pagi sampai malam, jadi full. Saya bersama bapak Marjaya dan Bu Siti Qomariyah,” ucapnya.

Politikus asal Karawang ini akan kembali menguji kekuatannya dalam upaya mempertahankan kursi DPR RI di Dapil Jabar VII, yang meliputi Kabupaten Bekasi, Karawang, dan Purwakarta. Dalam “Sapa Warga” ini, Saan bakal blusukan ke semua Dapil di Kabupaten Bekasi untuk menyampaikan tentang program NasDem. Kemudian alasan kenapa NasDem mendukung Anies-Muhaimin, pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Terlihat, hari pertama “Sapa Warga” berlangsung, peserta  didominasi oleh kaum emak-emak yang memadati lokasi kegiatan. Warga yang hadir diberikan ruang untuk menyampaikan keluh-kesahnya selama ini.

“Alhamdulilah dari dua tempat ini (hari pertama) pesertanya interaktif dan banyak nanya hal-hal yang sifatnya tidak pernah dibayangkan. Pertanyaannya bagus-bagus, kritis-kritis, yang menyangkut tentang kepentingan bersama mereka,” tuturnya.

BACA JUGA: Siqom Hijrah ke Partai NasDem

Di tempat yang sama, Caleg DPRD Provinsi Dapil Jabar IX Kabupaten Bekasi, Siti Qomariyah menyambut baik kegiatan ”Sapa Warga” yang diinisiasi oleh pimpinan tertinggi Partai NasDem di tanah pasundan ini.

Menurutnya, para Caleg harus terlibat di dalam kegiatan itu, karena momentum tersebut sangat berharga untuk calon wakil rakyat. Sebab bisa bertatap muka secara langsung dengan pemilihnya  sampai lapisan paling bawah.

Namun tentunya, politikus yang dinobatkan sebagai komandan emak-emak Bekasi ini menegaskan, para Caleg yang turun langsung harus memperjuangkan apa yang menjadi keluh-kesah masyarakat, ketika kelak terpilih sebagai wakil rakyat pada 2024 mendatang.

“Tujuannya yang pertama memperkenalkan diri masing-masing, dan yang kedua mengetahui keluh-kesah masyarakat seperti apa. Program sapa masyarakat ini menyentuh langsung ke bawah, karena bisa berhadapan dan berdialog langsung dengan para pemilihnya (masyarakat). Dan mereka bisa menyampaikan keluh-kesahnya. Insya Allah itu menjadi bekal kita ketika nanti kita berhasil (terpilih),” ucapnya.

Siqom sapaan akrabnya sehari-hari ini juga membeberkan, keluh-kesah yang disampaikan beragam, mulai dari persoalan lingkungan sampai harga bahan pokok yang terus merangkak naik. Sorotan perihal harga sembilan bahan pokok ini menjadi rata-rata yang dikeluhkan, mengingat yang hadir dalam kegiatan tersebut lebih banyak didominasi kaum perempuan (emak-emak).

Dengan mengenakan kerudung berwarna biru dan kaca mata yang menjadi ciri khasnya, Siqom semakin optimis Partai NasDem bisa berbuat banyak di Kabupaten Bekasi pada Pemilu 2024 mendatang. Salah satunya, karena adanya kegiatan ‘Sapa Warga’ ini. Pastinya harus diperkuat dengan daya juang dan doa yang mengiringi.

“Insya Allah yakin. Tentu harus diawali dengan semangat juang yang tinggi, bersama-sama kita berjuang dan berdoa untuk mencapai keberhasilan, kesuksesan, menjadi anggota legislatif,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Bekasi, Marjaya Sargan menuturkan, kegiatan ‘Sapa Warga’ ini memang sudah direncanakan sebelumnya. Dimana, pada tahapan kampanye akbar ini dirinya menargetkan setiap Dapil minimal terisi satu kursi legislatif dari partainya. Oleh karena itu, Marjaya meminta agar semua Caleg turun langsung ke masyarakat.

“Semua Caleg harus turun, sapa warganya masing-masing. Kalau memang terkendala di atribut akan kita bantu, tapi yang jelas untuk Caleg-Caleg yang mau turun. Kita ingin targetkan setiap Dapil minimal terisi satu kursi,” katanya. (pra/adv)

 

 

Solverwp- WordPress Theme and Plugin