Berita Bekasi Nomor Satu

Komisi 1 DPRD Kota Bekasi Sidak Fasos Fasum Galaxy, Beri Tenggat Januari Serahkan ke Pemkot Bekasi

Sidak Komisi 1 DPRD Kota Bekasi ke fasos fasum Perumahan Galaxy, Bekasi Selatan, Kamis (21/12/2023). Foto Ahmad Pairudz/Radarbekasi.id

RADARBEKASI.ID, BEKASI –Komisi 1 DPRD Kota Bekasi sidak fasilitas fasilitas sosial dan fasilitas umum (fasos fasum) Perumahan Grand Galaxy, Bekasi Selatan.

Sidak merespons pengaduan warga Perumahan Grand Galaxy dan pemilik ruko setempat yang sempat mengadu ke DPRD Kota Bekasi, beberapa waktu lalu.

Sidak dilakukan sebagai uji petik di salah satu lahan fasos fasum yang berada di Perumahan Grand Galaxy, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Kamis (21/12/2023).

BACA JUGA: Warga Grand Galaxy Mengadu ke DPRD Kota Bekasi, Keluhkan Pengelolaan Fasos Fasum Amburadul

Dalam uji petik, Komisi 1 melakukan pertemuan dengan pengelola, warga dan aparatur terkait di depan kantor pengelola perumahan Grand Galaxy.

Ketua Komisi 1 DPRD Kota Bekasi, Faisal mengakui hari ini banyak fasos fasum yang sebenarnya terbengkalai, khususnya di perumahan Grand Galaxy. Terbengkalai dalam arti, pengembang tidak lagi melakukan pemeliharaan. Bahkan, fasos fasum itu diduduki bangunan liar. Sehingga pengembang mempersilakan Pemkot melakukan penertiban.

“Sambil proses serah terima dilakukan, tadi sudah dikasih pilihan seandainya SOP dilakukan, tapi tidak diindahkan maka dilakukan SOP selanjutnya. Yakni penarikan sepihak,” kata Faisal kepada awak media, Kamis (21/12/2023).

BACA JUGA: Soal Fasos Fasum Grand Galaxy, Distaru Minta Pengelola Segera Serahkan PSU

Anggota Komisi 1 DPRD Kota Bekasi Nicodemus Godjang menambahkan, agar Pemkot Bekasi menarik paksa fasos fasum itu agar dikelola pemerintah. “Kami beri waktu, Januari fasos fasum Perumahan Grand Galaxy sudah diserahkan ke Pemkot Bekasi,” desak Nicodemus.

Menurut Nicodemus, dengan diserahkan fasos fasum ke Pemkot Bekasi, akan mendapatkan alokasi anggaran dari APBD untuk pemeliharaan seperti jalan, prasarana dan sarana umum (PSU). “Supaya tidak jadi beban juga untuk masyarakat. Kalau diserahkan ke Pemkot Bekasi kan dianggarkan APBD,” imbuhnya.

Selama fasos fasum belum diserahkan ke Pemkot Bekasi, sambung Nicodemus, tidak akan ada lagi namanya pengelola fasos fasum oleh pengembang.

BACA JUGA: Pemkot-DPRD Siap Tinjau PSU Galaxy

“Selama ini kan jadi memberatkan masyarakat. Kalau diserahkan ke pemkot, pemerintah punya secara hukum melakukan perawatan di semua sektor di perumahan Grand Galaxy,” tandasnya. (pay)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin