Berita Bekasi Nomor Satu

Dinas SDABMBK Kabupaten Bekasi Fokuskan Kualitas Pembangunan Infrastruktur

PERBAIKAN JALAN: Warga melintas di samping Jalan Raya Tegal Danas yang tengah dalam proses betonisasi, di Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi, Selasa (2/8). ARIESANT/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI –  Dinas Sumber Daya Air Bina Marga dan Bina Konstruksi (SDABMBK) Kabupaten Bekasi tetap memfokuskan kualitas pembangunan infrastruktur dengan menyesuaikan kemampuan keuangan daerah.

Kepala Dinas SDABMBK Kabupaten Bekasi, Henri Lincoln, menegaskan bahwa meskipun terdapat keterbatasan anggaran, inovasi terus dilakukan untuk menjadikan substansi jalan yang mulus sebagai prioritas utama.

”Memang secara anggaran ada pemangkasan sebesar Rp170 miliar untuk infrastruktur. Hanya saja dalam hal ini kami terus melakukan inovasi supaya substansi jalan mulus menjadi prioritas,” ucap Henri.

Kondisi jalan di Kabupaten Bekasi mengalami peningkatan terbaru. Henri mengungkapkan bahwa setelah melakukan pendataan baru, panjang jalan yang tercatat kini mencapai 1.061 hektar, meningkat dari angka sebelumnya yang sekitar 923 hektar.

Selain untuk perbaikan jalan, anggaran sekitar Rp400 miliar yang tersedia juga dialokasikan untuk pembangunan jembatan, jalur irigasi, dan pembangunan drainase.

“Jadi selain jalan, kami juga harus memaksimalkan bagaimana melalui pendekatan pembangunan infrastruktur saat musim hujan masalah banjir dapat terkendali. Kemudian saat musim kemarau aliran irigasi untuk pertanian dapat teraliri,” ucapnya.

Menurut Henri, pembangunan jalan merupakan kebijakan pemerintah daerah. Dia mengungkapkan bahwa berdasarkan laporan yang diterima melalui media sosial, terdapat banyak keluhan dari masyarakat terkait masalah jalan. Pihaknya saat ini baru dapat melakukan perbaikan secara jangka pendek melalui metode tambal sulam.

“Pada 2023 ini kami akan fokus pada kualitas pembangunan. Jadi meskipun anggaran terbatas, kami akan menjaga kualitas pembangunan. Sehingga tidak ada lagi laporan jalan baru diperbaiki sudah rusak lagi,” ucapnya. (and/adv)

 

Solverwp- WordPress Theme and Plugin