Berita Bekasi Nomor Satu

Setiap Hari Ada Kebakaran di Bekasi

PEMADAMAN: Petugas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan memadamkan api yang membakar gudang limbah plastik dan kayu di Rawapasung, Medan Satria, Kota Bekasi, Senin (18/12). RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Bekasi mencatat ada 446 kejadian kebakaran terjadi di sepanjang tahun 2023. Bila dirata-ratakan dengan jumlah hari dalam setahunnya, maka hampir setiap hari terjadi kebakaran di kota patriot.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan penyelamatan Kota Bekasi Aceng Sholahudin mengatakan, peristiwa kebakaran dipicu oleh berbagai macam faktor, mulai dari korsleting listrik, kebocoran gas, kebakaran sampah dan lain sebagainya.

“Sepanjang tahun, sampai dengan 21 Desember, kami mencatat ada 446 kejadian kebakaran di kota Bekasi,” ucap Aceng dalam keterangannya, Senin (1/1/2024).

Dari rekap data tersebut, jumlah kejadian kebakaran tahun 2023 meningkat dua kali lipat dibandingkan tahun lalu.

“Kalau tahun (2022) itu ada 224 kejadian kebakaran,” singkatnya.

Aceng menjelaskan, personel pemadam kebakaran juga melakukan tugas lainnya dalam bidang penyelamatan dan evakuasi. Terdapat jenis jenis penyelamatan yang dilakukan para petugas Pemadam Kebakaran di Kota Bekasi.

Aceng mencatat, rekap penyelamatan selama tahun 2023 sebanyak 1371 kejadian diantaranya melakukan evakuasi sarang tawon, evakuasi bangunan, pohon tumbang, evakuasi ular dan lain lainnya.

Dari data tersebut, tercatat evakuasi sarang tawon jadi yang paling sering dilakukan dibandingkan jenis penyelamatan lainnya.

“Ada 444 kejadian kita evakuasi sarang tawon sepanjang tahun 2023, sedangkan evakuasi pohon tumbang jadi paling sedikit dengan jumlah 22 penyelamatan,” tuturnya (rez)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin