Berita Bekasi Nomor Satu

KPU Temukan Ratusan Surat Suara Rusak

SORTIR: Relawan menyortir dan melipat surat suara di Gudang KPU Jalan Alexindo, Harapan Jaya, Medan Satria, Kota Bekasi, Senin (8/1). Sebanyak 341 surat suara DPR RI rusak dihari pertama pelipatan dan penyortiran surat suara. RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi menemukan 341 surat suara DPR RI yang rusak pada hari pertama penyotiran dan pelipatan surat suara di Gudang KPU Jalan Alexindo, Medan Satria.

Ketua KPU Ali Syaifa mengatakan, temuan surat suara yang rusak bakal dikembalikan ke KPU RI untuk dilakukan penggantian.

“Kalau nanti dijumpai ada yang rusak misalnya ada yang sobek atau bolong atau logo KPU tidak tercetak, ataupun mengkerut surat suaranya, ya kita segera melaporkan kepada KPU RI agar dilakukan penggantian,” tutur dia.

BACA JUGA: Melihat Kesibukan KPU Kota Bekasi dalam Melipat 9 Juta Surat Suara Pemilu 2024

Adapun, kata Ali, KPU Kota Bekasi bakal menyortir 9 juta surat suara untuk melayani pemilih di Kota Bekasi sebanyak 1.809.574 juta orang.

Dalam hal ini Ali menuturkan, pihaknya bakal menambahkan relawan hingga 1.500 orang untuk proses penyortiran dan pelipatan surat suara dalam waktu 20 hari ke depan.

“Sebanyak 380 orang petugas sortir lipat, ke depan kami tingkatkan sampai batas 1.500 orang agar target 20 hari tercapai,” bebernya.

Ali menargetkan, perhari 500 lembar per orang, jika dihitung perkelompok sekitar 5 ribu lembar surat suara dalam satu hari.

BACA JUGA: Melihat Kesibukan KPU Kota Bekasi dalam Melipat 9 Juta Surat Suara Pemilu 2024

“Perhari mereka targetnya kurang lebih 500 perorang, jatuhnya sama (kalau perkelompok) masing-masing akhirnya 500, jadi kalau perkelompok 500 kali 10 berarti 5.000 targetnya,” ungkapnya.
Dikatakan Ali, surat suara jika sudah selesai dilakukan penyortiran dan pelipatan akan didistribusikan ke seluruh kelurahan se Kota Bekasi.

“Sortir lipat ini nanti kalau sudah selesai tentunya akan ditindak lanjuti dengan pendistribusian surat suara ke kelurahan, tentunya surat suara sudah ada di dalam kotak,” pungkasnya (rez)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin